IFBC Banner

Profil Penney Azcarate Hakim Sidang Johnny Depp-Amber Heard, Disemprot Kritikus Namun Dipuji Netizen

Kamis, 02 Juni 2022 – 01:01 WIB

Hakim Penney Azcarate (Foto: The Daily Sentinel)

Hakim Penney Azcarate (Foto: The Daily Sentinel)

JAKARTA, REQnews - Persidangan Amber Heard vs Johnny Depp menyita perhatian publik dunia selama beberapa minggu terakhir. Seperti diketahui, persidangan yang berlangsung di Fairtax Virginia Amerika Serikat itu telah berjalan selama 6 minggu sejak pertengahan April 2022 hingga 27 Mei 2022.

Ada banyak hal menarik dari persidangan tersebut yang mencuri perhatian publik. Salah satunya adalah sosok sang hakim persidangan, Penney Azcarate.

Hakim yang bertugas di Fairfax County ini banyak menuai pujian netizen lantaran performa cemerlangnya selama persidangan kasus Johnny Depp vs Amber Heard.

Profesionalitas, ketenangan, ketegasan serta kesabaran Penney dalam menangani persidangan Johnny-Amber banyak diacungi jempol.

Meski sebelumnya, Penney juga tak terlepas dari kontroversi saat menjalankan tugasnya tersebut. Diketahui Penney pernah "disemprot" sejumlah kritikus karena mengizinkan televisi menayangkan sidang Johnny Depp vs Amber Heard.

Penney mengizinkan Court TV mengoperasikan dua kamera biliar di ruang sidang agar proses persidangan dapat diikuti secara langsung oleh mereka yang berada di luar ruang sidang.

Terkait keputusannya itu, Penney Azcarate menjelaskan bahwa dia memperoleh permintaan dari banyak media. Di sisi lain, dia memikul tanggung jawab untuk menjaga proses sidang agar tetap terbuka untuk para pengamat.

Dia khawatir jika kamera tidak diizinkan, wartawan akan datang ke gedung pengadilan dan malah berpotensi menciptakan situasi yang tidak kondusif.

"Saya tidak melihat ada alasan bagus untuk tidak melakukannya," ujar Azcarate, dikutip Rabu, 1 Juni 2022.

Sebagai informasi, hakim pengadilan di bawah hukum Virginia memiliki keleluasaan untuk mengizinkan kamera masuk ke ruang sidang. Namun, undang-undang melarang keras untuk menggunakan kamera saat kesaksian dari korban atau keluarga korban pelanggaran seksual.