IFBC Banner

Jadi Jubir Polri, Ini Profil Kombes Pol Nurul Azizah, Cantik dan Punya Prestasi Mentereng!

Kamis, 23 Juni 2022 – 17:31 WIB

Kombes Pol Nurul Azizah (Foto: Dok Pribadi)

Kombes Pol Nurul Azizah (Foto: Dok Pribadi)

JAKARTA, REQnews - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mempercayakan jabatan Kabagpenum Divhumas Polri diisi oleh seorang polwan, yakni Kombes Nurul Azizah. Penunjukkan ini menjadikan Kombes Nurul menjadi polwan pertama yang menjabat sebagai jubir Polri.

"Jabatan Kabagpenum, Pak Kapolri percayakan kepada seorang polwan. Jadi, polwan berpromosi menjadi kabagpenum," ucap Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Selasa 21 Juni 2022. 

Kombes Nurul menggantikan posisi Kombes Gatot Repli Handoko yang dipromosikan menjadi Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Polri. Hal ini berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1214/VI/KEP./2022 tertanggal 20 Juni 2022.

Adapun jabatan yang saat ini ditempati Kombes Nurul Azizah adalah Kaprodi 3 Ditprog Pascasarjana STIK Lemdiklat Polri.

Lantas, seperti apa sosok Kombes Pol Nurul Azizah?

Kombes Nurul Azizah punya prestasi akademik yang cukup mentereng. Polwan cantik ini berpengalaman dalam bidang pendidikan Polri.

Dikutip dari laman pddikti kemdikbud, Rabu 22 Juni 2022, Kombes Nurul Azizah merupakan lulusan S1 Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) tahun 2007. Tak berhenti di situ, ia kemudian melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Indonesia dan lulus tahun 2012 serta menempuh pendidikan S3 di Universitas Negeri Jakarta dan meraih gelar doktor pada tahun 2017.

Perjalanan karier dirinya dimulai di kepolisian dengan masuk Sekolah Bintara Polwan pada tahun 1991. Semasa menjadi anggota Polri, polwan asal Banyubiru, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini banyak menghabiskan waktu untuk belajar. 

Pada tahun 1992 ia sempat mengikuti kursus Dasba Operator Komputer Hankam. 

Tak berhenti disitu, ia melanjutkan pendidikan D3 Ilmu Kepolisian pada 1994 dan lulus tahun 1997.

Setahun kemudian, Kombes Nurul melanjutkan pendidikan Setukpa Polwan pada tahun 1998.

Dengan pendidikan ini, ia langsung mendapat pangkat Letnan Dua atau Inspektur Polisi Dua.

Ia kemudian ditugaskan sebagai Perwira Pertama Staf Personel di Mabes ABRI. Pada tahun 2000 ia ditarik ke Mabes Polri sebagai Staf Perencanaan Umum dan Anggaran.

Sejak itu ia banyak berkutat di bidang perencanaan, pengembangan, dan penganggaran Polri. Ditarik ke Mabes Polri dengan tugas dan tanggung jawab yang tentu lebih berat, tidak menyurutkan langkah Nurul Azizah untuk terus belajar.

Pada tahun 2005, ia melanjutkan jenjang pendidikan S1 di PTIK/STIK.

Saat itu Nurul Azizah sudah berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP).

Nurul Azizah naik pangkat menjadi Komisaris Polisi (Kompol) pada tahun 2009.

Tahun 2010 Nurul ditugaskan Polda Metro Jaya dan Pamen PTIK.

Pada bulan Juli 2014, Nurul Azizah naik pangkat menjadi Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).

Setahun kemudian, ia dipercaya menjabat Kasubbag Prodi S3 STIK/PTIK. Lalu menjabat Kasubbag Monev Tala Rolemtala Srena Polri pada tahun 2017, Kasubbaglemwil Baglem Rolemtala Srena Polri tahun 2018, dan Kabag Jianalis Rolemtala Srena Polri tahun 2019.

Karier Nurul Azizah semakin cemerlang setelah naik pangkat menjadi Komisaris Besar (Kombes) pada Januari 2020.

Tahun itu juga ia dipercaya menjadi dosen utama di STIK. Kombes Nurul memiliki peran penting dalam mendata kelembagaan Polri. Nurul merupakan salah satu sosok yang mendorong terbentuknya puluhan polres baru di Indonesia.