IFBC Banner

Bangga! Fakta Khansa Syahlaa, Bakal Kibarkan Merah Putih di Gunung Tertinggi Eropa Saat HUT RI Ke-77

Sabtu, 06 Agustus 2022 – 18:01 WIB

Khansa Syahlaa

Khansa Syahlaa

JAKARTA, REQnews - Sosok pendaki muda berprestasi bernama Khansa Syahlaa (16 tahun) tengah menyita perhatian publik gara-gara proyek ekspedisinya menaklukkan gunung-gunung tertinggi di dunia.

IFBC Banner


Terbaru, Khansa dikabarkan bakal mendaki Gunung Elbrus yang merupakan gunung tertinggi di Rusia dalam rangka merayakan hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

Pendaki remaja yang masih duduk di bangku sekolah menengah atas itu berencana mengibarkan bendera Merah Putih di puncak Gunung Elbrus dengan ketinggian 5.642 meter.

Rencana Khansa Syahlaa itu pun mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sekaligus Menparekraf Sandiaga Uno.

Hengky Manurung, Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf mengatakan bahwa Indonesia bangga atas prestasi Khansa Syahlaa.

"Yang pasti satu kata, bangga. Bangga terhadap anak muda milenial kita, Khansa yang merupakan anak muda yang mau mendaki gunung ke-77," kata Hengky Manurung, dalam Weekly Press Briefing pada YouTube Kemenparekraf, dikutip Sabtu, 6 Agustus 2022.

Hengky menjadi kian bangga karena semua perlengkapan daki yang dikenakan oleh Khansa di proyek ekspedisi ini merupakan produk lokal. Diketahui, Khansa memang mendapat dukungan perlengkapan dari perusahaan Eiger, serta uang tunai sebesar Rp85 juta.

"Kedua lebih bangga lagi karena dia menggunakan produk-produk lokal asal Indonesia, jadi bangga buatan Indonesia, yang akan dibawa ke luar negeri pada event ini juga. Kami titip ke Mbak Khansa logo Wonderful Indonesia tertancap di logo Elbrus Rusia," sambung Hengky.

Sebagai informasi, pendakian Khansa ini merupakan lanjutan proyek ekspedisinya dalam menaklukkan gunung-gunung tertinggi di dunia. Sebelum berencana mendaki Gunung Elbrus, Rusia, Khansa telah berhasil mendaki 2 dari 7 puncak gunung tertinggi lainnya, yakni Gunung Kilimanjaro 5.895 mdpl di Afrika pada 2019 dan puncak Cartenz Pyramide 4.884 mdpl di Papua 2017.

Khansa sendiri diketahui memang sudah mahir mendaki gunung meski usianya masih sangat belia. Gunung Elbrus bakal menjadi gunung ke-77 yang akan ia daki.

"Aku akan melakukan ekspedisi pengibaran bendera merah putih di puncak tertinggi di benua Eropa, Gunung Elbrus di Rusia yang memiliki ketinggian mencapai 5.642 mdpl, bertepatan dengan ulang tahun Indonesia ke-77, dan ini akan menjadi gunung ke-77 yang akan aku daki," ungkap Khansa.

Atas pencapaiannya ini, Khansa Syahlaa mendapatkan penghargaan Rekor Muri sebagai pendaki perempuan termuda di Indonesia.

"Khansa sudah mendapat Muri sebagai pendaki perempuan termuda di Indonesia dan misi selanjutnya adalah Gunung Elbrus di Rusia. Kita harapkan ini menjadi hadiah hari ulang tahun ke-77 Indonesia," tandas Menparekraf Sandiaga Uno.