Profil Irjen Listyo Sigit Prabowo, Mantan Ajudan Jokowi yang Jadi Kabareskrim

Jumat, 06 Desember 2019 – 14:00 WIB

Irjen Listyo Sigit Prabowo (Foto: Istimewa)

Irjen Listyo Sigit Prabowo (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Pengisi jabatan Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri akhirnya terungkap. Setelah berkutat dengan sejumlah nama, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis memilih Irjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kabareskrim.

Penunjukan itu tertuang dalam telegram nomor ST/3229/XII/KEP./2019 yang diterbitkan pada Jumat (6/12/2019). Telegram itu dikonfirmasi oleh Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Argo Yuwono.

"Mutasi ini adalah hal yang alami dalam organisasi Polri sebagai tour of duty dan tour of area, penyegaran, promosi dan dalam rangka performa kinerja organisasi menuju SDM unggul dan promoter," kata Argo di Jakarta, Jumat 6 Desember 2019.

Dalam telegram tersebut, Irjen Listyo Sigit Prabowo diangkat menjadi Kabareskrim. Dia sebelumnya menduduki posisi Kadiv Propam.

Brigjen Ignatius Sigit Widiatmono akan menggantikan Irjen Listyo sebagai Kadiv Propam. Selain itu, telegram ini juga memuat mutasi Komjen Firli dari posisi Kabarhakam menjadi Analis Kebijakan Utama Barhakam Polri. Seperti diketahui, Firli akan segera dilantik menjadi Ketua KPK.

Sebelumnya, posisi Kabareskrim kosong setelah Idham Azis diangkat Jokowi menjadi Kapolri menggantikan Tito Karnavian yang ditunjuk menjadi Mendagri.

Listyo merupakan jenderal kelahiran 5 Mei 1969. Semasa mengabdi di Polri, Listyo tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting.

Dia adalah Ajudan Presiden RI Joko Widodo. Ia kemudian menjabat Kepala Kepolisian Daerah Banten dan terakhir sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Ia merupakan lulusan angkatan kepolisian 1991 yang beberapa kali memimpin di daerah Jawa Tengah. Tercatat, Sigit Prabowo pernah menjadi Kapolres Pati. Setelah itu, Sigit Prabowo menduduki posisi Wakapoltabes Semarang, dan pernah menjadi Kapolres Solo.

Pada tahun 2012, saat Jokowi menjabat Gubernur DKI Jakarta, Sigit Prabowo dirotasi ke Jakarta untuk menjabat sebagai Asubdit II Dit Tipdum Bareskrim Polri. Sebelum menjabat sebagai ajudan Jokowi, Sigit Prabowo sejak Mei 2013 bertugas di Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara.

Ia merupakan lulusan S-2 di Universitas Indonesia. Tesis yang dipilih Sigit Prabowo tentang penanganan konflik etnis di Kalijodo ini menjadi ajudan lulusan tertua Akademi Militer.

Ajudan dari TNI AD Kolonel Inf Widi Prasetijono yang pernah menjabat sebagai Komandan Kodim 0735/Surakarta dan Danton Grup 2 Kopassus di Kandang Menjangan, Surakarta, merupakan lulusan Akademi Militer 1993.

Kolonel Laut (P) Hersan, ajudan dari TNI AL pernah yang menjadi Komandan KRI Diponegoro merupakan alumnus Akademi Angkatan Laut 1994. Terakhir ajudan dari TNI AU, Kolonel Pnb M. Tony Harjono sekaligus penerbang pesawat Sukhoi lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1993.

Pelantikannya sebagai kapolda Banten Baru ditolak oleh MUI Banten karena beragama Kristen. Namun pada akhirnya, ia meminta dukungan terhadap kalangan ulama dalam rangka menciptakan kondusifitas.

Riwayat Jabatan

Kabag Dalpers Ropers Polda Metro Jaya
Kapolres Pati (2009)
Kapolres Sukoharjo (2010)
Wakapoltabes Semarang
Kapolresta Surakarta (2011)
Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri (2012)
Direskrimum Polda Sultra (2013)
Ajudan Presiden RI (2014)
Kapolda Banten (2016)
Kadiv Propam Polri (2018)