IFBC Banner

Pingin Belajar Soal Legal Drafting? Silahkan Baca Buku Ini

Kamis, 12 Desember 2019 – 22:30 WIB

Cover Buku Pedoman Praktis Legal Drafting (istimewa)

Cover Buku Pedoman Praktis Legal Drafting (istimewa)

JAKARTA, REQnews – Perancangan hukum atau bahasa gaulnya legal drafting wajib dipahami oleh para pembuat kebijakan dan juga para praktisi hukum. Nah, ini ada buku yang recommended banget bagi yang pingin belajar dan tau soal legal drafting. Lets check it out!

IFBC Banner


Buku itu berjudul “Pedoman Praktis Legal Drafting” diterbitkan oleh Setara Press pada 2017. Buku karya Anak Agung (A.A.) Oka Mahendra ini bisa dikatakan menjadi sebuah gebrakan untuk mewujudkan peraturan perundang-undangan pada berbagai tingkatan yang berkualitas. Di mana peraturan yang berkualitas (legal substance) diharapkan mampu mewujudkan perubahan sosial (social engineering) dalam kehidupan bersama.

Baca juga: Resensi Buku Hukum Bisnis Karangan Vegitya Ramadhani Putri

Oka Mahendra sebenarnya bukan orang baru di dunia hukum. Pengalamannya selama berkarir sebagai Sekretaris Jenderal di MK dan sederet jabatan di dalam lingkup Kemenkumham tentu jadi garansi atas buku yang ditulisnya ini.

Buku ini bisa menjadi bekal bagi para perancang kebijakan untuk memperbaiki kualitas rancangannya. Bisa juga menjadi langkah awal bagi para akademisi untuk memberikan masukan serta kritik yang berkualitas.

Tak hanya itu, buku ini bisa menjadi peringatan bagi para birokrat dan legislator untuk menempatkan kepentingan rakyat di atas segala kepentingan dalam penyusunan peraturan.

Buku yang dijejali dengan sejumlah tips penting dalam proses penyusunan peraturan perundang-undangan ini layak untuk dilahap. Sangat teoritik namun tidak menafikan hal-hal yang praksis. (Binsasi)

Selamat mencari dan semoga menambah wawasanmu tentang hukum kian bernas!

Baca juga: Berbekal Buku Tan Malaka, Geng Anarko Ingin Buat Rusuh Pulau Jawa