Tokopedia Rajai 2019 Sebagai Platform Toko Online Terlaris  

Sabtu, 25 Januari 2020 – 19:30 WIB

Ilustrasi e-commerce (istimewa)

Ilustrasi e-commerce (istimewa)

 

JAKARTA, REQnews - Portal diskon online CupoNation mengeluarkan studi tentang situs belanja online yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia sepanjang tahun 2019.

Menurut Public Relation and Communications Manager CupoNation Olivia Adinda Putri, ada beberapa situs belanja online International turut masuk dalam jajaran pasar e-commerce di Indonesia, namun platform e-commerce dalam negeri masih merajai jumlah pengunjung website di sepanjang tahun 2019.

Menurut data yang dikeluarkan CupoNation, Tokopedia merupakan toko online yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia dengan total pengunjung mencapai 1,2 miliar, dengan rincian 863.1 juta pengunjung dari web mobile dan 329.8 juta pengunjung dari desktop.

“Peringkat kedua dikuasai oleh situs belanja online Shopee dengan jumlah kunjungan mencapai 837.1 juta. Jumlah itu secara otomatis menggeser posisi Bukalapak yang pada tahun 2019 dikunjungi 823.5 juta pengunjung,” ujar Oliv dalam keterangan tertulisnya pada Selasa 21 Januari 2020.

Di posisi keempat dan seterusnya ditempati oleh Lazada dengan 445,5 juta pengunjung; Blibli dengan 353,2 juta pengunjung; JD ID dengan 105,4 juta pengunjung; Orami dengan 89,8 juta pengunjung; Bhineka dengan 62,2 juta pengunjung; Sociolla dengan 51,1 juta pengunjung; dan Zalora dengan 44,5 juta pengunjung.

Lebih lanjut, Olivia mengatakan, masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan berbelanja online melalui mobile daripada desktop. Hasil studi mengungkap bahwa 77,15 persen dari jumlah pengunjung di tahun 2019 datang dari versi web mobile. Hanya 22,85 persen datang dari desktop.

"Hal ini menunjukkan jika hampir seluruh online shopper di Indonesia lebih menyukai belanja online dengan menggunakan smartphone daripada desktop," katanya.

Di sisi lain , survei juga menyampaikan bahwa Orami menjadi situs belanja online yang menduduki peringkat pertama dengan jumlah trafik web mobile terbanyak. 97.55 persen dari total pengunjung Orami datang dari web mobile.

"Peringkat selanjutnya diduduki oleh Sophie Paris dengan trafik dari web mobile mencapai 97.43 persen dari total kunjungan," ujar Oliv.

Lebih dari itu, CupoNation menyampaikan daftar toko online yang masuk dalam studinya diambil dari Indonesian E-commerce Association (IdEA). Total 32 situs online dipilih berdasarkan situs online shop dengan yang memiliki trafik bulanan tidak kurang dari 150,000 pengunjung.

Jumlah pengunjung yang datang melalui mobile dan desktop dikumpulkan dari SimilarWeb untuk periode Januari-Desember 2019.

"Jumlah pengunjung dalam studi ini tidak menunjukkan pengunjung unik, dimana jika salah satu pengunjung yang sama melakukan kunjungan selama 5 kali untuk periode yang dialamatkan. maka jumlah kunjungan yang terhitung adalah 5 kunjungan," kata Oliv. (Binsasi)