Deretan Senjata yang Dimiliki Resimen II Pelopor Brimob  

Minggu, 08 Maret 2020 – 02:01 WIB

Ilustrasi senjata Ingram MAC-10 milik Brimob (istimewa)

Ilustrasi senjata Ingram MAC-10 milik Brimob (istimewa)

 

JAKARTA, REQnews - Resimen II Pelopor Brigade Mobil alias Brimob merupakan salah satu korps tertua dalam tubuh kepolisian. Selain memiliki kemampuan tempur yang mumpuni, kelompok ini juga dibekali beragam persenjataan yang canggih.

Berikut deretan senjata yang dimiliki oleh korps Brimob.

 

SMG Sa Vz 61 Skorpion

Sub Machine Gun (SMG) Sa Vz 61 Skorpion adalah senjata buatan Cekoslovakia yang pernah menjadi andalan Kopassus dan Paskhas.

Senjata ini kerap digunakan dalam misi pertempuran jarak dekat (Close Quarter Battel/CQB). Brimob menjadikan pistol otomatis Cekoslovakia ini sebagai  senjata standar Korpsnya.

 

AK-47

Ada juga senjata pencabut nyawa legendaris yang digunakan oleh banyak negara blok timur pada masa perang dingin yang didesain Mikhail Kalashnikov, senapan serbu Avtomat Kalashnikova 47 atau yang ramah disebut AK-47.

 

Ingram MAC-10

Ada pula Ingram MAC-10, pistol otomatis buatan produsen senjata asal AS, Military Armament Corporation.

Pistol ini memiliki kemampuan menembak full-otomatis, dengan sistem blowback hasil pengembangan Gordon B. Ingram pada tahun 1964.

Kebanyakan pistol mesin memiliki aksesori tambahan untuk meningkatkan kinerjanya, seperti peredam suara (sound suppressor), perpanjangan magazen, pegangan depan, dan popor bahu.

 

SMR FN Minimi

Senapan Mesin Ringan (SMR) FN Minimi yang diproduksi oleh perusahaan senjata Belgia, Fabrique Nationale Herstal. FN Minimi menjadi salah satu senjata yang revolusioner dan sangat legendaris, karena menghasilkan kelas baru, Squad Automatic Weapon (SAW).

Di mana, sang operator berfungsi ganda sebagai penembak dan penjaga sabuk peluru. Senjata ini juga bisa ditembakkan dari posisi bahu seperti layaknya senapan serbu namun dengan kapasitas sekelas senapan mesin ( 100 atau 200 sabuk peluru ).

 

AK - 101

Selanjutnya adalah senapan serbu versi terbaru dari seri Kalashnikov bikinan Rusia, AK-101. Senjata ini merupakan versi ekspor dari varian AK-74 5.45mm guna merebut pasar.

Senjata ini dinilai tahan banting dari ketinggian 7 meter. Selain memiliki akurasi bidikan yang tinggi, AK -101 juga sangat praktis dan memiliki daya tahan prima di berbagai medan berat. Bahkan tidak berubah kualitasnya meskipun terendam dalam air lumpur selama seminggu.

 

Steyr AUG

Tak ketinggalan Steyr Armee Universal Gewehr (AUG), senapan yang dibuat oleh produsen senjata asal Austria, Steyr Mannlicher.

AUG adalah salah satu senapan yang dilengkapi dengan bidikan teleskopik 1,5x yang terintegrasi. AUG dianggap memiliki desain ergonomis yang modern. Fitur lain misalnya kemampuan dipakai oleh penembak tangan kanan maupun kidal, dan penggunaan bahan-bahan plastik transparan.

Laras Steyr AUG bisa ditukar-tukar dengan mudah, misalnya ke laras karabin atau ke laras lebih panjang. Bahkan AUG memiliki perangkat modifikasi yang bisa merubahnya menjadi senapan submesin.

 

Artic Warfare SiG Sauer 516 PM

Senapan induk dari semua varian Artic Warfare SiG Sauer 516 Precision Marksman (PM), senapan yang digunakan militer Inggris pada pertengahan tahun 1980an.

Senjata ini punya jarak tembak efektif 400 meter, dimana material larasnya dibuat dari bahan carboon steel (hammer forged).

Senjata yang memiliki model quad rail handguard ini dianggap memudahkan bagi penembak untuk memasang beragam alat bidik optik, dan tentunya fleksibilitas untuk menyesuaikan posisi (dudukan) teleskop. Posisi picatinny rail tak hanya ada di atas laras, tapi ada di sisi kanan di kiri pegangan tangan, kondisi ini berguna untuk pemasangan aksesoris seperti senter atau alat penjejak sasaran.

 

Barrett MRAD

Tak hanya itu, Korps Brimob ternyata juga punya senapan runduk semi otomatis yang bernama Barrett Multi-Role Adaptive Design (MRAD). Senapan ini dibuat oleh Barrett Firearms Manufacturing asal AS.

Senapan ini mampu menjangkau target sejauh 1,5 kilometer dengan akurasi 0,5 Minute of Arc (MoA).