Wajib Baca! 5 Buku Hukum yang Cocok untuk Mahasiswa

Senin, 16 November 2020 – 01:00 WIB

Berikut 5 Referensi Buku Hukum yang Cocok Buat Mahasiswa (Foto: Istimewa)

Berikut 5 Referensi Buku Hukum yang Cocok Buat Mahasiswa (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews – Hukum merupakan bagian terpenting dari suatu sistem negara. Karenanya, penting bagi seseorang tahu hukum secara mendalam, tak terkecuali bagi mahasiswa para intelektual muda.

Untuk memahami sebuah hukum seseorang harus memegang panduan yang tepat, agar bisa memahami hukum dengan baik. 

Di bawah ini ada beberapa referensi buku hukum yang wajib dibaca oleh para mahasiswa.

Penasaran ada apa saja buku-bukunya? berikut daftarnya

1.      Mengenal Hukum

Ada pepatah yang bilang ‘tak kenal maka tak sayang’, begitu pula dengan hukum, kalau kita belum paham hukum itu apa, yang harus dilakukan adalah memahami dulu tentang hukum itu sendiri.

Salah satunya dengan membaca buku yang dibuat oleh Sudikno Mertokusumo berjudul ‘Mengenal Hukum’.  Dikemas dengan bahasa yang ringan sehingga bisa dibaca untuk semua kalangan.

Sesuai dengan judul bukunya, Sudikno lebih mengedepankan pengenalan hukum kepada pembaca, mulai dari pengertian manusia dan masyarakat, kaidah-kaidah sosial, kaidah hukum, hukum hak dan kewajiban, tujuan hukum, dan sumber hukum. 

2.      Ilmu Hukum

Buku yang satu ini pernah dicetak sebanyak 8 kali sejak  tahun 1982 sampai 2014. Di tahun 2012 buku tersebut sempat terjual sekitar 1.500 ekslempar yang dijadikan buku referensi bacaan oleh beberapa fakultas hukum di Indonesia.

Satjipto Rahardjo membuat buku tersebut berdasarkan pengalamannya sebagai mahasiswa hukum yang minim referensi bacaan tentang hukum. Waktu itu buku yang terkenal hanyalah Apeldoorn.

Tapi baginya buku tersebut sudah tidak relevan dipelajari karena ‘tok’ membahas hukum Belanda yang kurang sesuai diterapkan pada anak-anak mahasiswa hukum di Indonesia.

3.      Hukum Perjanjian

Salah satu mantan Mahkamah Agung Republik Indonesia tahun 1968 sampai 1974, nama R. Subekti masih dikenang atas karya-karya bukunya tentang perhukuman. Bukunya yang paling banyak dicari adalah ‘Hukum Perjanjian’.

Buku tersebut digadang-gadang menjadi tolok ukur tulisan hukum khususnya mengenai hukum perjanjian di Indonesia. Walaupun di dalam bukunya membahas soal teori hukum, tapi analoginya diambil dari kehidupan sehari-hari.

Jika orang membaca bukunya juga tidak akan terasa karena hanya berisi 100 halaman saja.

4.      Prinsip-Prinsip Hukum Pidana

Kalau buku yang satu ini dibuat oleh pakar hukum pidana yang masih tergolong milenial. Bernama lengkap Edward Omar Sharif Hiariej merupakan Guru Besar Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (FH UGM), Yogyakarta.

Ia mendapat gelar profesornya pada usia 37 tahun dari FH UGM. Karyanya yang terkenal adalah ‘Prinsip-Prinsip Hukum Pidana’ dikemas dengan bahasa ringan yang cocok jadi referensi bacaan kaum mahasiswa. 

5.       Buku Hukum Perdata

Menjadi pegangan wajib mata kuliah, buku karya Djoko Imbawani Atmadjaja bisa jadi referensi bacaan yang patut dimiliki.

Buku tersebut ditulis untuk memperbaharui perkembangan hukum perdata yang memang sudah banyak aturan dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPer) yang telah diperbaharui.