IFBC Banner

Spesifikasi Astrea Grand Perawan Pekalongan Seharga Rp 100 Juta

Minggu, 26 April 2020 – 21:02 WIB

Spesifikasi Astrea Grand Perawan Pekalongan Seharga Rp 100 Juta (Foto: Facebook Hasan Series)

Spesifikasi Astrea Grand Perawan Pekalongan Seharga Rp 100 Juta (Foto: Facebook Hasan Series)

JAKARTA, REQnews - Warganet di Facebook dihebohkan dengan sebuah postingan Honda Astrea Grand di akun Hasan Series. Pasalnya, Hasan menjual motor buatan tahun 1997 itu dibanderol dengan harga Rp 100 juta.

IFBC Banner


Hasan mengaku motor tersebut merupakan milik temannya. Ia pun memberikan garansi bahwa motor tersebut bukan hasil restorasi, dan memastikan komponen-komponennya masih asli bawaan pabrik kala itu.

Ia juga menjelaskan kenapa rekannya berani memberi harga tinggi ke motor itu. "Motor itu produksi tahun 1997. Itu motor punya kakak teman saya, namanya Mas Zam. Saya cuma dititipi menjual saja. Komponen semua masih asli pabrikan, belum ada yang diganti," ujar Hasan di Pekalongan, Sabtu 25 April 2020.

Odometer motor ini pun tercatat masih 3,7 km. Pengakuan Hasan, angka itu merupakan jarak tempuh perjalanan dari diler di Batang ke rumah yang punya motornya. Setelah dibeli, lanjut Hasan, motor tersebut tidak pernah dipakai sang pemilik dan hanya ditaruh di dalam rumah.

Soal pajak, ia menegaskan rutin dibayar setiap tahun. "Memang abis beli enggak pernah dipakai, ditaroh di kamar. Terlihat dari sayap depan itu ada logo Astrea yang plastiknya juga belum pernah dibuka dari pertama beli sampai kusam," kata dia.

Namun ada kekurangan di motor Rp 100 juta ini. Yaitu bagian kaki-kaki yang kusam karena motor tidak pernah dicuci selama disimpan.

"Di kaki-kaki memang kurang pernis jadi ala kadarnya saja karena sudah kelamaan tidak dibersihkan. Tapi kalo untuk menghilangkan itu masih bisa. Untuk perawatannya sih cuma dipanasi saja kadang-kadang, enggak dijalanin, memang itu motor enggak dipakai," ujarnya.

Baca Juga: Rasis! Pemuda Ini Sindir Semua Orang Cina Makan Anjing dan Kelelawar

Hasan mengaku hingga kini belum ada yang meminang motor tersebut. Namun sebelumnya sudah ada orang Kudus yang menawar harga di kisaran Rp 50 juta.

"Tapi teman saya belum mau lepas. Baru kemarin teman dari Bekasi juga nawar belum berani kalau 100 juta, tapi kalo di angka Rp50 jutaan mau ngecek langsung," ujarnya.

Selain kondisi komponen yang semua masih asli pabrikan, Hasan juga memastikan surat-surat seperti STNK dan BPKB lengkap. Bahkan pemiliknya masih menyimpan faktur pembelian.

Spesifikasi

Astrea Grand tahun produksi 1997 seharga Rp 100 juta ini boleh dibilang merupakan versi facelift dari model pertama yang lahir pada 1991. Bahkan versi ini sering disebut Grand Bulus.

Dibilang bulus karena bentuk lampu belakangnya yang cembung menyerupai bulus atau sejenis kura-kura. Bedanya dengan Astrea Grand biasa sebenarnya tidak banyak, ada pada striping, kombinasi warna, minus penjepit barang di bawah pelat nomor depan, sampai desain buritan baru, berupa lampu belakangnya yang mirip ekor bebek atau spoiler.

Untuk dimensinya, motor ini punya panjang 1.845 mm, lebar 660 mm, tinggi 1.050 mm dan jarak sumbu roda 1.203 mm. Astrea Grand ini punya jarak ground clearance 130 mm dan tinggi jok 663 mm.

Baca Juga: Merinding! Lagi Asyik Joget TikTok, Pria Ini Diintip Setan

Kemudian velg jari-jarinya diselimuti ban depan dengan profil 2.25-17 33L dan belakangnya 2.50-17 38L. Masing-masing juga dilengkapi rem tromol.

Berbicara dapur pacu, Honda Astrea Grand menggendong mesin berpengabutan karburator yang berkubikasi 97,1 cc berpendingin udara, satu silinder overhead camshaft (OHC). Yakni dengan daya maksimumnya 7,3 dk di putaran 8.000 rpm, yang dikawinkan pada transmisi semi manual 4-percepatan rotary. Artinya ketika sudah gigi 4 bisa langsung ke posisi netral.

Untuk menyalakan mesinnya sudah dilengkapi elektrik starter maupun engkol. Adapun ciri khas Honda Astrea Grand ini selain dari bentuk belakangnya tadi, juga terdapat pada wajahnya. Lampunya pipih yang diapit lampu sein bermika oranye.