IFBC Banner

Resensi Buku Hukum Perdagangan Karya Undrizon

Rabu, 29 April 2020 – 01:05 WIB

Resensi Buku Hukum Perdagangan (theglobalreview.com)

Resensi Buku Hukum Perdagangan (theglobalreview.com)

JAKARTA, REQnews - Hukum Dagang (Trade Law) perlu menjamin terjadinya arus barang dan jasa dalam posisi daya saing ekonomi nasional terhadap negara lain. Selain itu, harus mampu mendorong tumbuh-kembangnya dunia perdagangan domestik yang semakin maju dalam ukuran yang adil, makmur, dan sejahtera.

IFBC Banner


Itu sebabnya, dibutuhkan kekuatan fondasi sistem perdagangan secara berkeadilan menurut hukum. Sekaligus, merekonstruksikan masa depan dunia usaha nasional yang lebih baik, guna memperkuat serta menegaskan betapa pentingnya pencapaian suatu pola transaksional dalam lalu-lintas perdagangan berdasarkan beragam ketentuan serta prinsip-prinsip kebebasan menjalankan kegiatan ekonomi yang senantiasa menghormati nilai-nilai demokrasi ekonomi, dan sikap yang peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup serta menghargai posisi Hak-hak Asasi Manusia (HAM) berdasarkan Cita-cita Hukum serta Pengaturan Hukum (Rules of Law).

Buku ini disusun dari berbagai hasil analisa, penulisan opini di beberapa media massa cetak dan elektronik, riset terbatas, serta observasi dan pengamatan. Karena itu, kemudian mampu meluruskan suatu sikap pandang dan gerak yang serasi, seimbang serta konstruktif oleh segenap pelaku ekonomi-perdagangan dalam menata arah kiprahnya dalam berkontribusi secara optimal, baik untuk kepentinmgan pribadinya, maupun untuk kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.

Buku yang ditulis oleh Undrizon, S.H., M.H ini menjadi bentuk kontribusi pemikiran serta kelanjutan dari gagasan tentang kritik serta saran terhadap aneka kebijakan serta regulasi  maupun penegakan hukum (law enforcement) terkait dalam Bidang Perdagnagan. Buku tersebut diterbitkan oleh Undrizon, SH And Associates Law Office, Jakarta bekerjasama dengan Rumah Pelangi, Yogyakarta, pada 2019.

Buku ini terdiri dari sebelas Bab. Di mana dalam Bab Pertama membahas tentang kebijakan dalam perdagangan yang sesuai dengan skematika hukum perdagangan.

Selanjutnya, di dalam Bab Kedua, mengetengahkan tentang penegakan hukum dan penyelesaian sengketa perdagangan terkait dinamika bisnis dalam kompetisi merebut pasar.

Berikutnya, di dalam Bab Ketiga, yang kemudian menjelaskan mengenai fenomena persaingan usaha perdagangan dalam interaksi dan transaksi produk merebut pasar menurut hukum.

Begitu pula dalam Bab Keempat, yang mengutarakan tentang pembinaan dan pengendalian aneka konflik kepentingan yang mempengaruhi sektor perdagangan.

Kemudian di dalam Bab Kelima, yang mengulas tentang keberadaan bursa dalam menakar perkembangan dinamika bisnis di sektor perdagangan.

Sedangkan di dalam Bab Keenam, yang mengupas tentang pelembagaan usaha yang berdasarkan hukum.

Selanjutnya, di dalam Bab Ketujuh, yang menerangkan tentang perlindungan konsumen dalam interaksi dan transaksi perdagangan.

Berikutnya, pada Bab Kedelapan, yang mengetengahkan tentang bagaimana memajukan sistem perdagangan berbasis masyarakat dan pemberdayaan kelompok UMKM.

Lalu dalam Bab Kesembilan, terkait dengan eksistensi hukum yang melindungi serta memperkuat sistem perdagangan.

Selanjutnya, di dalam Bab Kesepuluh, yang mengutarakan tentang diskresi yang tepat dan konstruktif terhadap potensi perkembangan ekonomi perdagangan.

Kemudian, di dalam Bab Kesebelas, yang mengetengahkan tentang dukungan dunia perbankan dalam transaksi pada sektor perdagangan. (Binsasi)