Dasar-dasar Hukum Normatif di Buku Hans Kelsen

Senin, 29 Juni 2020 – 02:02 WIB

Dasar-dasar Hukum Normatif di Buku Hans Kelsen

Dasar-dasar Hukum Normatif di Buku Hans Kelsen

JAKARTA, REQnews – Banyak yang mengatakan di dunia ini masih banyak penegakan hukum tajam ke bawah tapi tumpul ke atas. Hal ini memunculkan pertanyaan tentang keadilan dalam hukum itu seperti apa sebenarnya.

Untuk menjawab pertanyaan itu seseorang harus paham dulu mengenai dasar hukum dan keadilan sesuai norma yang berlaku. Dalam pemikiran Hans Kelsen, ahli hukum dan filsuf asal Austria, menyebut hukum adalah sebuah norma yang menekankan pada aspek ‘seharusnya’ dengan meyertakan beberapa peraturan tentang apa yang harus dilakukan.

Seperti yang dituliskan dalam bukunya yang berjudul Dasar-Dasar Hukum Normatif,  ia menuliskan masalah keadilan yang berhubungan dengan hukum, filsafat, politik, dan ilmu pengetahuan.

Menurut Hans, Banyak pemikran dasar mengenai hukum termasuk ‘keadilan’ dibahas di dalam buku tersebut. Norma tidak bisa dipahami secara ‘telanjang’ atau ditelan mentah-mentah.

Untuk memahami sebuah norma dengan benar, harus disertakan dengan pemikiran yang rasionalitas pada dasar norma itu sendiri.

Di buku terbitan tahun 1934 itu, dalam bab-bab awal membahas berbagai macam pertanyaan, salah satunya ‘apakah keadilan itu’. Kemudian juga membahas pemikiran Plato dan Aristoteles tentang hukum sampai pemikiran-pemikiran terbaru di masa sekarang.

Buku setebal 488 halaman ini cocok buat kamu yang baru belajar mengenai hukum. Mahasiswa, para ahli hukum, dosen juga bisa membaca buku hukum yang satu ini sebagai referensi pengetahuan hukum.