Resensi Buku Hukum Perlindungan Konsumen Karya Abdul & Rani

Senin, 18 Mei 2020 – 08:33 WIB

Resensi Buku Hukum Perlindungan Konsumen Karya Abdul & Rani

Resensi Buku Hukum Perlindungan Konsumen Karya Abdul & Rani

JAKARTA, REQnews – Pergerakan perekonomian industrialisasi semakin kuat sehingga membuat hak-hak konsumen melemah. Tidak hanya untuk mendapatkan produk maupun jasa yang diberikan perusahaan, seorang konsumen berhak mendapatkan pertanggungjawaban dari pihak perusahaan maupun pengelola.

Di Indonesia edukasi mengenai peran konsumen dalam pergerakan ekonomi negara masih sangat minim. Hal itu menjadi kesempatan perusahaan maupun pengelola tidak memberikan tanggung jawab maksimal kepada konsumen.

Seperti kehilangan motor di tempat parkir, sepenuhnya itu merupakan tanggung jawab pengelola. Sebab mereka yang menyediakan tempat parkir sebagai tempat yang aman bagi konsumen untuk menitipkan kendaraannya.

Sesuai Putusan Mahkamah Agung (MA) No. 3415/Pdt/1985 menyatakan bahwa parkiran adalah sebuah perjanjian penitipan barang. Oleh sebab itu, saat kendaraan konsumen hilang juga menjadi tanggung jawab pengelola.

Maka itu penting bagi konsumen mengetahui hak-haknya dalam hukum negara. Buku karya Abdul Atsar dan Rani Apriani berjudul Buku Ajar Hukum Perlindungan Konsumen, cocok dibaca untuk semua kalangan.

Pada bab pertama, buku ini membahas tentang konsumen dan hukum perlindungan konsumen (HPK). Bab kedua, tentang sejarah HPK di Indonesia dan luar negeri. Bab ketiga, membahas asas dan tujuan adanya HPK. Bab keempat, peran konsumen. Bab kelima, tentang pelaku usaha. Bab keenam, fungsi lembaga dalam UU. Bab ketujuh, penyelesaian sengketa.

Adanya kesenjangan ekonomi merupakan faktor utama yang paling merugikan konsumen sebagai pelaku ekonomi. Buku ini bisa dibaca oleh para mahasiswa, ahli hukum, dosen, dan siapapun yang berperan sebagai konsumen. (Anita/Bins)