5 Rekomendasi Film Bollywood Inspiratif dan Mendidik Anak-anak

Minggu, 28 Juni 2020 – 12:02 WIB

5 Rekomendasi Film Bollywood Inspiratif dan Mendidik Anak-anak

5 Rekomendasi Film Bollywood Inspiratif dan Mendidik Anak-anak

JAKARTA, REQnews –  Anak-anak memiliki imajinasinya sendiri usai menonton sebuah film. Mereka cenderung meniru apa yang telah dilihatnya. Karenanya, sudah menjadi tugas orang tua mengarahkan tontonan yang mendidik untuk anaknya.

Nah, ada beberapa film Bollywood berikut ini menyajikan tema yang inspiratif tentang anak. Tak cuma itu, film-film ini menyelipkan hikmah dan motivasi mendidik bagi anak-anak.

Berikut rekomendasi film mendidik untuk anak versi Bollywood.

1.Taare Zameen Par

Film yang perilisannya tahun 2007 ini telah meraih berbagai penghargaan. Amir Khan (guru) dan Darsheel Safary (murid) pemain utama di film Tare Zamen Par berhasil membuat jutaan penonton beruraian air mata.

Taare Zameen Par cocok menjadi film tonton keluarga karena di dalamnya ada pelajaran yang dapat diambil dari peran orang tua, guru, dan anak-anak agar tidak selalu merendahkan temannya. Kemudian pesan terpenting adalah bahwa semua anak memiliki bakat yang berbeda satu sama lain.

2.Bajrangi Bhaijaan

Salman Khan sukses memecahkan rekor box office dan menjadikannya film terlaris kedua di India. Film ini mengisahkan seorang anak perempuan, Syahida dari Pakistan. Ia tidak sengaja tertinggal kereta menuju negara asalnya. Kemudian ia bertemu pemuda Pawan Chaturvedi orang India.

Petualangan Pawan mengembalikan Syahida ke Pakistan menjadi momen yang menarik di dalam film ini. Ketulusan, kejujuran, dan kerendahan hati dari sosok Pawan bisa menjadi inspirasi banyak orang, termasuk anak-anak.

3.Bumm Bumm Bole

Kisah adaptasi dari Children of Heaven, seorang kakak dan adik yang harus berbagi sepatu agar bisa bersekolah. Pemain utamanya Darsheel Safary dan Atul Kulkarni. Kakak – beradik ini selain memikirkan bagaimana bisa masuk sekolah tepat waktu, pulangnya mereka harus membantu pekerjaan orang tua.

Pesan yang dapat diambil bahwa setiap manusia mempunyai garis kehidupannya masing-masing. Bumm Bumm Bole mengajarkan kepada anak-anak agar selalu mensyukuri apa telah dimiliki, karena di luar sana masih banyak orang yang lebih membutuhkan.

4.Dhanak

Disutradarai oleh Nagesh Kukunoor, film Dhanak berhasil memenangkan Grand Prix Crystal Bear untuk film anak-anak terbaik tahun 2015. Chotu adalah adik dari Pari yang buta sejak lahir. Keduanya mengidolakan aktor tenama India, Shah Rukh Khan dan Salman Khan.

Dalam perjalanan ke sekolah mereka adu koin, siapa yang menang akan menceritakan tantang idolanya. Suatu malam Pari melihat poster Shah Rukh Khan mengenai donasi donor mata. Pari ingin diusia adiknya yang kesembilan tahun bisa melihat, dan terjadilah petualangan Pari dan Chotu menemui Shah Rukh Khan.

5.Black

Menceritakan seorang anak yang buta dan tuli diperankan oleh Rani Mukerji (setelah dewasa) dan Ayesha Kapur (saat kecil) sebagai Michelle McNally. Amitha Bachchan sebagai guru mengajari Michelle bahasa isyarat dengan segala cara.

Film ini mengisahkan perjuangan seorang disabilitas demi mencapai kehidupan lebih baik yang ditampilkan penuh emosional pada film ini. Black di tahun 2005 menjadi rekomendasi film Bollywood terbaik di dunia yang harsu ditonton.