7 Aplikasi Jahat Bertengger di TikTok dan Instagram, Waspada Gaes!

Sabtu, 26 September 2020 – 10:04 WIB

TikTok dan Instagram (foto: istimewa)

TikTok dan Instagram (foto: istimewa)

JAKARTA, REQnews - Peneliti dari Avast menemukan tujuh aplikasi jahat di Android dan iOS yang berisi adware, dengan tingkat ancaman serius. Parahnya, aplikasi ini sudah diunduh 2,4 juta kali dan telah banyak korbannya dengan kerugian lebih dari 500 ribu dolar AS.

Aplikasi ini kerap muncul sebagai iklan di TikTok dan Instagram. Bentuknya beragam, mulai dari game sederhana hingga wallpaper dan pemutar musik. Setelah diteliti, aplikasi jahat ini adalah trojan HiddenAds yang menyamar dalam bentuk baru.

Mengutip Phone Arena, Jumat 25 September 2020, jika diinstal, aplikasi ini akan menyulitkan pengguna untuk menghapusnya. Beberapa korban pernah membayar 2 hingga 10 dolar AS jika ingin menginstal dan menggunakan fiturnya.

Avast juga menemukan, aplikasi ini sengaja dipromosikan oleh akun-akun tertentu. Di antaranya ada yang memiliki 300 ribu followers, sehingga penyebarannya menjadi begitu cepat dan masif.

Juru bicara Google mengatakan mereka telah menghapus aplikasi-aplikasi tersebut. Sementara beberapa aplikasi jahat untuk iOS terlihat masih ada di App Store.

Berikut tujuh aplikasi jahat yang ditemukan Avast:

Google Play Store:

ThemeZone - Shawky App Free - Shock My Friends
Tap Roulette ++Shock my Friend
Ulimate Music Downloader - Free Download Music

App Store:

Shock My Friends - Satuna
666 Time
ThemeZone - Live Wallpapers
shock my friend tap roulette v