Menolak Punah, Nokia Luncurkan Ponsel C1 dengan Harga Merakyat

Minggu, 27 September 2020 – 01:00 WIB

Nokia C1

Nokia C1

JAKARTA, REQnews - Nokia adalah rajanya ponsel, pada masanya, bertahun-tahun silam. Namun, semenjak era smartphone Android maupun iOS menguasai pasar, Nokia mulai hilang dari peredaran.

Namun, baru-baru ini, HMD Global Indonesia meluncurkan ponsel entry level teranyar, yakni Nokia C1 yang harganya benar-benar merakyat, yakni tak sampai Rp 1 juta.

General Manager HMD Global Indonesia Karel Holub mengatakan, Nokia C1 ini menargetkan mereka yang ingin beralih dari ponsel fitur ke ponsel pintar, dengan kapasitas yang cukup untuk tugas-tugas sederhana.

"Seiring kebutuhan konsumen di Indonesia untuk meng-upgrade dari ponsel fitur ke smartphone, kami ingin memastikan yang kami tawarkan adalah sebuah perangkat dengan kualitas, kehandalan dan kemudahan dalam penggunaan dari brand Nokia," kata Karel Holub dalam siaran pers, Sabtu 26 September 2020.

Nokia C1 ini menggunakan RAM 1GB, dengan kapasitas penyimpanan internal 16GB. Kapasitas itu bisa ditingkatkan dengan kartu memori hingga 64GB.

Ponsel yang mendukung jaringan 3G ini didukung chip quadcore 1.3GHz dan berjalan dengan sistem operasi Android 9 Pie Go Edition. Nokia C1 dapat digunakan untuk dua kartu SIM ukuran nano dan memiliki satu slot untuk kartu Micro SD.

Layar sentuh 5,45 inci ponsel ini menggunakan panel IPS resolusi FWVGA+, dikemas dalam bodi ponsel berbahan polikarbonat. Untuk kamera, Nokia C1 memiliki satu kamera belakang resolusi 5MP bukaan f/2.4, dan saru LED Flash. Sementara di depan, ponsel ini juga memiliki satu kamera 5MP dan LED Flash.

Nokia C1 menggunakan baterai yang dapat dilepas, berdaya 2.500mAh, yang dapat diisi ulang dengan kabel Micro USB. Kemudian, ada fitur tombol Google Assistant agar pengguna bisa merasakan pengalaman menggunakan asisten virtual, misalnya untuk mengaktifkan fitur-fitur di ponsel.

Ponsel ini dijual seharga Rp 849.000, hadir dengan pembaruan keamanan selama dua tahun dan pilihan warna merah dan hitam.