iPhone 12 Baru Rilis, Spesifikasi iPhone 13 Malah Sudah Bocor

Senin, 19 Oktober 2020 – 04:01 WIB

Ilustrasi iPhone 13 (foto: istimewa)

Ilustrasi iPhone 13 (foto: istimewa)

JAKARTA, REQnews - Apple belum lama ini baru merilis ponsel teranyarnya, yakni iPhone 12. Namun, siapa sangka, hanya dalam waktu singkat, spesifikasi iPhone 13 yang masih dirancang sudah bocor duluan.

Mengutip Apple Insider, Minggu 18 Oktober 2020, salah satu pengguna Twitter dengan nama akun @L0vetodream menulis, bahwa iPhone 13 akan menggunakan Touch ID di bawah layar.

Kemudian, akun itu juga menulis kode rahasia, yakni 'MESA uts for iPhone'. Setelah ditelusuri, ternyata artinya mengacu pada Mesa, kode internal yang digunakan Apple untuk Touch ID, sementara 'uts' adalah singkatan dari 'under the screen' atau di bawah layar..

Rumor tentang sensor sidik jari bawah layar untuk iPhone sebenarnya sudah beredar sejak beberapa tahun yang lalu, bahkan sebelum iPhone X meluncur.

Sebelumnya, Apple begitu konsisten menggunakan Face ID untuk ponsel flagshipnya, namun selalu ada paten baru yang menunjukkan Apple masih mengembangkan Touch ID di bawah layar.

Contohnya dua paten yang diterbitkan pada Juli lalu yang memperlihatkan berbagai metode untuk mengatasi masalah terkait sensor sidik jari optikal di bawah layar. Beberapa paten Apple juga mengindikasikan mereka telah lama ingin menghadirkan Touch ID dan Face ID di perangkat yang sama.

Cuitan akun Twitter tersebut sebenarnya nyaris mirip dengan ramalan analis ternama Ming Chi Kuo tahun 2019 lalu. Ia berpendapat, Apple setidaknya akan merilis satu ponsel dengan sensor sidik jari di bawah layar pada 2021.