Film The King, Kisah Seorang Jaksa yang Terjebak di Pusaran Politik Korea Selatan

Jumat, 16 April 2021 – 09:03 WIB

Poster Film The King

Poster Film The King

JAKARTA, REQnews - The King adalah film Korea Selatan produksi tahun 2017 bergenre thriller. Film tersebut disutradarai oleh Han Jae-rim, sekaligus sebagai penulis skenarionya.

Dibintangi oleh Jo In-sung dan Jung Woo-sung, The King dirilis secara serentak pada tanggal 18 Januari 2017 oleh Next Entertainment World. Film ini berhasil meraup keuntungan sebesar US$13,2 juta.

Berkisah tentang Tae-soo (Jo In-sung), lahir dari keluarga miskin yang memutuskan untuk menjadi jaksa penuntut setelah mengetahui bahwa kekuasaan adalah hal yang paling penting dalam hidup. Selain itu, merupakan simbol terbesar kekuasaan pada dasawarsa 1990-an.

Tae-soo kemudian masuk ke sekolah hukum paling bergengsi. Namun, ia mengalami resistensi, menyusul kondisi demokrasi di Korea. 

Ia akhirnya mencapai tujuannya menjadi jaksa, tetapi hidupnya tidak lebih baik dari seorang pegawai honorer. Lalu, datanglah suatu kesempatan dan Tae-soo bergabung dengan kelompok jaksa yang kuat dengan kekayaan dan wewenang.

Tae-soo kemudian bertemu dengan Han Kang Sik (Jung Woo Sung). Mereka kemudian pada akhirnya bekerja sama, sampai menikmati hidup sebagai orang yang memiliki kekuasaan hierarki.

Tetapi, karena terlalu terbuai oleh manisnya kehormatan, Tae-soo kemudian melihat sisi lain kehidupan kejam. Ia ingin menjadi sosok jaksa yang jujur dan adil, namun di masa itu semua Jaksa di Korea Selatan sangat kotor dan tidak jujur.

Akhirnya terjadi pengkhianatan dari salah satu pihak yang menyebabkan kematian salah satu teman terbaik Tae-soo. Demi bisa menyelamatkan kekuasaannya di dunia politik kelas atas, Han Kang Sik mengorbankan Tae-soo untuk mundur menjadi seorang jaksa.

Lantas ia pun frustasi ditambah saat mengetahui sahabat karibnya (Ryu Jun Yeol) yang dibunuh oleh gang suruhan Han Kang Sik mengorbankan dirinya demi menyelamatkannya dari target pembunuhan Hang Kang Sik.

Nemun, rasa frustasi tersebut tak berlangsung lama. Ia kemudian membuat perencanaan secara matang dengan seorang detektif wanita yang sedari dulu memang ingin menangkap Hang Kang Sik karena kejahatannya.

Selain itu, Tae-soo juga bekerjasama dengan seorang ahli dunia panggung perpolitikan Korea demi bisa menumpas habis bekas atasannya itu dan juga para anteknya.

Apakah rencana dan langkah Tae-soo dalam menumpas Hang Kang Sik dan para anteknya berhasil dengan lancar? Kalau penasaran, yuk tonton keseruan drama aksi yang sarat dengan dunia politik ini!