Nah Loh, Obrolan WhatsApp Bakal Bisa Ditransfer ke Beda Nomor, Nih Ciri-cirinya

Senin, 24 Mei 2021 – 16:05 WIB

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Aplikasi WhatsApp saat ini tengah menyiapkan fitur terbaru yang disebut Chat History Migration. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa mentransfer riwayat obrolan dari satu platform ke platform lainnya, seperti dari Android dan iOS.

Informasi tersebut terendus dari situs WABetaInfo, yang melaporkan bahwa WhatsApp sedang melakukan uji Chat History Migration. Situs tersebut sering memberi bocoran fitur-fitur WhatsApp dengan akurat, sebelum resmi meluncur.

Dari penelusurannya, ada serangkaian kode API WhatsApp beta versi 2.21.9.7 (Android) yang mengindikasikan bahwa WhatsApp tengah mengembangkan fitur Chat History Migration dari perangkat Android ke iPhone, atau sebaliknya.

Karena selama ini, pengguna WhatsApp biasanya memindahkan riwayat percakapan dengan memanfaatkan layanan Google Drive atau iCloud. Namun, dengan fitur tersebut pengguna tak perlu lagi mengandalkan aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp Plus atau WhatsApp GB.

Namun, dalam kerja fitur tersebut perangkat baru harus didasarkan pada platform yang sama dengan perangkat lama pengguna. WhatsApp tidak memiliki kemampuan mentransfer obrolan antara Android dan iPhone dengan nomor telepon berbeda.

Selain mentransfer obrolan, fitur ini juga dapat digunakan untuk memigrasikan media yang tersedia di WhatsApp dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Menurut WABetaInfo, fitur tersebut saat ini sedang dikembangkan di WhatsApp untuk Android dan iPhone.