Dilengkapi Swimming Drive System, Begini Kecanggihan Panser Anoa Buatan Pindad

Jumat, 12 November 2021 – 15:32 WIB

Panser Anoa buatan Pindad (Foto: Istimewa)

Panser Anoa buatan Pindad (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Memiliki nama lain Anoa 6x6 APC atau Armoured Personnel Carrier, Panser Anoa merupakan generasi pertama yang dibuat oleh PT Pindad.

Pindad merupakan perusahaan yang telah membuat berbagai jenis Panser Anoa lainnya sebelum Anoa 6x6 APC, salah satunya Anoa 6x6 Ambulance.

Panser tempur ini memiliki rasio daya berat 25 HP/ton, memiliki dimensi panjang 6.000 mm, lebar 2.500 mm, dan tinggi 2.170 mm dengan wheelbase 1.510 mm.

Kendaraan tersebut mampu membawa 12 penumpang termasuk satu orang pengemudi. Dibekali mesin diesel turbo intercooler 6 silinder yang dapat menghasilkan tenaga 320 hp di 2.300 rpm di atas kertas.

Panser Anoa buatan PT Pindad itu pun mampu berjalan pada kecepatan tertinggi 80km/jam, meski dengan bobot 12.500 kg dengan daya jelajah 600 km. Soal transmisi, alutsista ini menggunakan transmisi otomatis ZF 6GP502S 6-percepatan.

Selain itu, kendaraan perang ini mampu melakukan manuver di darat dan di permukaan air karena dilengkapi dengan swimming drive system dan sistem hidrolik sebagai pendorongnya.

Soal persenjataan, Panser Anoa buatan PT Pindad ini dibekali dengan Smoke Grenade yang terdapat di 3 kiri dan 3 kanan serta Turret Manual yang dapat dioperasikan 360 derajat.

Beberapa waktu lalu saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, petugas menggunakan kendaraan taktis (rantis) untuk melakukan penyekatan.

Aparat gabungan TNI/Polri menurunkan Panser Anoa hingga Rantis Barracuda pada hari kerja pertama pemberlakuan PPKM Darurat. Panser Anoa dikerahkan di titik penyekatan Jalan Raya Bogor, Kalimalang, dan Kalideres.

Rantis dan panser tersebut hanya difungsikan untuk menutup jalan agar kendaraan tak bisa melintas pos penyekatan PPKM Darurat.