Mengenal KRI Rigel, Alutsista Kebanggaan TNI AL yang Punya Spesifikasi Super Canggih

Rabu, 17 November 2021 – 21:10 WIB

KRI Rigel 933 (Foto: Istimewa)

KRI Rigel 933 (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Diklaim sebagai kapal survei bawah laut tercanggih se-Asia, KRI Rigel banyak terlibat dalam berbagai operasi penyelamatan penting. Salah satunya mencari kapal selam Nanggala dan dan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia. 

KRI Rigel atau KRI Rigel 933 merupakan alutsista kebanggaan milik TNI AL super canggih.

Misi utama KRI Rigel yakni melakukan pemetaan di bawah air. Dengan peralatan canggih yang dimilikinya mulai dari robot bawah air (Remotely Operated Underwater robot/ROV), peralatan AUV (Autonomous Underwater Vehicle), sampai laser scaner dan side sonar scan yang ditempelkan di bawah lambung kapal, menjadikan Rigel punya kecanggihan tersendiri yang tak dipunyai kapal TNI AL lainnya.

Selain itu, kapal ini juga diklaim merupakan kapal oseanografi paling canggih yang ada di Asia Tenggara.

Melansir laman navyrecognition.com, KRI Rigel dibuat oleh galangan kapal OCEA, Prancis pada 2012 silam. Kapal ini dipesan pada 2012, dan diluncurkan 2 tahun kemudian. 


KRI Rigel tiba di Indonesia pada Mei 2015. Kapal juga dipesan berdasarkan keinginan Indonesia untuk mengembangkan kemampuan maritimnya.

Berbeda dengan kapal perang lainnya, KRI Rigel mempunyai kemampuan menjalankan survei hidrografi, geofisika, oseanografi, dan perikanan. Kapal juga mampu beroperasi selama 20 hari nonstop di laut.

Pemberian nama Rigal oleh TNI AL ini diambil dari istilah astronomi, yakni bintang paling bercahaya dari Rasi Orion. Dengan harapan, KRI Rigel pun selalu memberikan cahaya terang dalam proses pencarian objek di bawah air.

 

Spesifikasi KRI Rigel

KRI Rigel memiliki dimensi panjang 60,10 m, lebar 11,5 m, dan tinggi 3,5 m. Adapun kapasitas diesel dapat menampung 135.000 liter dan kapasitas Air 35.000 liter. 
Kecepatan maksimal KRI Rigel sendiri mencapai 14.0 knot. Dilengkapi dengan persenjataan 1 Kanon kaliber 20 mm dan 1 senapan mesin 12,7 mm. 

KRI Rigel dapat menampung 46 orang. 

Selain kemampuan umum tersebut, kapal ini ditenagai dengan 2 mesin MTU 8V4000M53. Peralatan canggih lainnya yang terdapat di KRI Rigel yaitu AUV (Autonomous Underwater Vehicle) dari KONGSBERG HUGIN 1000, yang mana fungsinya untuk melakukan pencitraan bawah laut hingga kedalaman 1.000 meter.

 

Untuk keperluan survei di dalam laut, kapal ini juga dilengkapi dengan alat Multibeam Deep Water KONGSBERG EM302. Alat ini mampu melakukan pemetaan dalam air mencapai kedalaman 7000 m. Kapal ini juga dilengkapi alat Side Scan Sonar KONGSBERG 2094 untuk pencitra dasar laut.

Untuk keperluan Oseonografi, kapal ini dilengkapi alat CTD Profil RESON dan Nansen Bottle yang berfungsi untuk mengukur karakter air laut.

Sedangkan untuk keperluan hidrografi, kapal ini sudah dilengkapi dengan peralatan yang sangat lengkap.

Adapun perlatan-peralatan tersebut seperti Single Beam Echosounder KONGSBERG EA600, Multibeam Shallow Water Dual head KONGSBERG EM2040, dan lainnya.

Selain itu, kapal ini juga dilengkapi alat Sub Bottom Profile SES 2000 untuk keperluan geofisik. Alat tersebut berguna untuk mencitrakan badan sediman yang ada di dasar laut.