Spesifikasi SPR-2, Senjata Canggih Buatan Pindad yang Bisa Tembus Tank Baja

Jumat, 19 November 2021 – 12:32 WIB

SPR-2 Kaliber 12,7 mm buatan Bindad yang bisa menembus lapis baja (Foto: Istimewa)

SPR-2 Kaliber 12,7 mm buatan Bindad yang bisa menembus lapis baja (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - SPR-2 adalah senapan anti materil anggota senapan array presesi tinggi yang dihasilkan oleh PT PINDAD. SPR-2 merupakan senapan tembakan tunggal, aksi baut dengan penglihatan optik dan a malt baffle muzzle brakeuntuk mengurangi kekuatan hentakan.

Mengusung kaliber 12,7 mm, kekuatan SPR-2 bisa dibilang serupa dengan SMB (Senapan Mesin Berat) M2HB Browning buatan Amerika Serikat. Jika M2HB Browning dirancang untuk memuntahan ribuan proyektil, SPR-2 cukup ditembakkan beberapa kali sesuai kebutuhan dan kapasitas peluru dengan daya hancur yang sama.
 
Layaknya senapan penembak runduk (sniper), SPR-2 dibekali dengan alat bidik teleskopik dengan pembesaran hingga 10 kali. Saat ditembakkan, senjata yang dioperasikan dengan sistem bolt-action ini mampu melesatkan peluru dengan kecepatan 900 meter per detik. Artinya, sasaran yang dituju akan dihantam dengan keras dalam waktu kurang dari 3 detik. 

Dilansir dari Indomiliter, Pindad juga memproduksi pelurunya dalam beberapa tipe seperti peluru standar MU 3TJ, peluru Sniper 12.7 mm MU 3M, peluru Anti Material MU 3SAMM.

Kemudian ada peluru bakar tembus baja MU 3PB, peluru tracer MU 3N, peluru penembus armor MU 3P. Lalu peluru paling ganas adalah MU 3BLAM yang mampu menghasilkan efek ledakan dan bakar saat menembus (penetrasi) ke lapisan baja.

Mengusung tipe senapan anti-material, henatakan dan peluru yang dimuntahkan dari momcong SPR-2 sanggup menjebol lapisan baja setebal 10 mm. Alhasil, kemampuan ini pun sangat diktakuti oleh jenis kendaraan lapis baja seperti kendaraan angkut personel (APC).

Tak hanya itu, material seperti yang digunakan pada lambung kapal pun bisa dihajar dengan mudah oleh tembakan SPR-2. Tidak dijual untuk umum dan dibanderol sebesar Rp 300 juta.

Senjata yang diperkenalkan secara resmi pada 2007 silam ini memiliki daya hancurnya yang luar biasa, SPR-2 yang per unitnya dibanderol sebesar Rp 300 juta ini jelas tidak diperjualbelikan untuk khalayak umum.

SPR-2 memiliki spesifikasi kaliber 12,7 x 99 mm, panjang total 1755 mm, panjang laras 1055 mm, 5 peluru dalam satu magazin, berat total 19,5 kg, Laras 8 alur berjarak kisaran 381 mm, optik dengan pembesaran hingga 2,5 sampai 10x, dan jarak tembak efektif mencapai 2.000 meter (2 km).