Mengenal Rudal RBS-15 MK3, Senjata Super Canggih Indonesia yang Bikin Negara Tetangga Ketar-ketir

Jumat, 19 November 2021 – 14:01 WIB

Rudal RBS-15 MK3 (Foto: naval-technology.com)

Rudal RBS-15 MK3 (Foto: naval-technology.com)

JAKARTA, REQnews - Kekuatan militer Indonesia menjadi salah satu yang terbaik di Asia Tenggara. Hal ini tak hanya dibuktikan dengan kualitas para prajuritnya, tetapi juga kecanggihan alutsista yang dimiliki RI.

Ya, tak kalah dari negara-negara maju di dunia, Indonesia memiliki senjata militer yang canggih dan mumpuni. Bahkan Indonesia punya senjata buatan sendiri yang diekspor ke negara tetangga seperti Singapura dan Thailand.

Nah, bicara soal senjata canggih yang melengkapi alutsista militer RI, salah satu di antaranya adalah rudal RBS-15 MK3 yang kekuatan dan kecanggihannya sudah tak diragukan lagi.

RBS-15 MK3 adalah salah satu rudal multi platform yang sangat hebat hingga saat ini. Rudal ini bisa dipasang di truk, pesawat tempur hingga kepal perang.

Untuk RBS-15 MK3 ini Indonesia memasangnya pada Kapal Cepat Rudal atau KCR dengan nama Klewang. Hingga saat ini Indonesia telah memiliki 4 unit peluncur rudal RBS-15 MK3 yang bisa membuat negara tetangga ketar-ketir.

Rudal RBS-15 MK3 memiliki panjang hingga 4,35 meter dengan wingspan 1,4 meter. Berat satu rudal bisa mencapai 800 kg dan jarak tempuhnya 200 kilometer. Kecepatan rudal ini lumayan tinggi hingga akan mengenai sasaran dalam jangka waktu yang sangat singkat.

RBS-15 MK3 adalah rudal hebat buatan Jerman yang nyaris dipakai oleh banyak negara di Eropa seperti Swedia dan Polandia.