Pecahkan Rekor Tercepat di Dunia, Tengok Canggihnya Pesawat Listrik Rolls Royce Spirit of Innovation

Jumat, 26 November 2021 – 06:00 WIB

Pesawat listrik Rolls Royce 'Spirit of Innovation'

Pesawat listrik Rolls Royce 'Spirit of Innovation'

JAKARTA, REQnews - Pesawat terbaru Rolls Royce 'Spirit of Innovation' telah berhasil memecahkan rekor kendaraan listrik tercepat di dunia dengan kecepatan terbang tertinggi mencapai 623 kilometer per jam.

Rekor tersebut telah diverifikasi oleh Fédération Aéronautique Internationale (FAI) atau Federasi Olahraga Udara Dunia. Pesawat Rolls Royce Spirit of Innovation merupakan bagian dari proyek ACCEL (Accelerating the Electrification of Flight).

Proyek pengembangan pesawat ini didanai oleh Aerospace Technology Institute (ATI) bekerja sama dengan Department for Business Energy & Industrial Strategy serta Innovate UK.

Bukan pesawat biasa, pesawat listrik ini dihidupkan dengan tenaga power train listrik 400 kW (lebih dari 500 tenaga kuda), bersama dengan baterai propulsi padat canggih. Baterai itu dikenal yang paling padat yang pernah dirakit dalam sejarah penerbangan oleh Electroflight dan pemasok power train otomotif YASA.

Warren East, CEO, Rolls-Royce mengatakan bahwa pesawat itu telah berhasil menciptakan sejarah baru di dunia kecepatan kendaraan listrik.

"Mencapai rekor kecepatan dunia all-electric adalah pencapaian yang fantastis bagi tim ACCEL dan Rolls-Royce. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada mitra kami dan terutama Electro Flight atas kolaborasi mereka dalam mencapai terobosan perintis ini Teknologi baterai dan propulsi canggih," katanya dilansir dari website resmi, dikutip Jumat, 26 November 2021.

Selain mencetak sejarah, Warren menyebut bahwa pesawat Spirit of Innovation merupakan puncak mahakarya yang diciptakan. Dia juga mengakui bahwa pesawat ini dihasilkan berkat kerja sama tim yang baik.