Spesifikasi Kapal Pemburu Canggih Milik Polda Banten, Kecepatannya Bikin Musuh Terbirit-birit

Jumat, 26 November 2021 – 16:03 WIB

Kapal Pemburu Cepat milik Polda Banten (Foto: Humas Polri)

Kapal Pemburu Cepat milik Polda Banten (Foto: Humas Polri)

BANTEN, REQnews - Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Banten memiliki sebuah Kapal Pemburu Cepat baru untuk mengamankan perairan di wilayahnya.

Kapal tersebut memiliki spesifikasi lebih unggul dibandingkan kapal-kapal lainnya yang diharapkan dapat mengantisipasi ancaman kejahatan di laut.

Dilansir dari laman resmi Humas Polri, kapal baru tersebut merupakan kapal cepat jenis pemburu dengan Tipe kapal polisi C2 dan No. Lambung KP.XXIII-2013.

Kapal ini juga disebut memiliki spesifikasi paling unggul dibandingkan jenis-jenis kapal sebelumnya yang pernah dimiliki Polda Banten, dengan Kecepatan Kapal lebih dari 45 knots.

Pada bagian belakang terdapat empat mesin yang digunakan untuk menjalankan kapal tersebut. Bagian badan kapal juga tertulis 'Polisi' sebagai keterangan identitas kapal itu merupakan milik Polri.

Diketahui bahwa Kapal Pemburu Cepat tersebut didapatkan dari pengadaan APBN Baharkam Polri Tahun Anggaran 2020. Kapal pemburu cepat tersebut memiliki panjang 15 meter, lebar 4,8 meter, dan draft 1 meter yang bisa memuat sebanyak 20 orang.

Selain itu, kapal ini juga memiliki kecepatan 45 knots dengan dilengkapi ECDIS (Electronic Chart Display Information System), Radar, radio marine, radio distress, echo Sounder, adressor, clinometer, barometer, speed log, remote control, dan kemudi.

Kapal ini digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengamanan laut di wilayah Banten. Selain itu juga untuk membantu menciptakan wilayah perairan Banten yang lebih kondusif dan aman.