Wow! Taksi Terbang EHang 216 Mengudara di Bali, Simak Kecanggihannya

Sabtu, 27 November 2021 – 20:02 WIB

EHang 216

EHang 216

JAKARTA, REQnews - Teknologi kian canggih. Taksi terbang EHang 216 akhirnya mengudara di langit Bali pada Sabtu 27 November 2021.

Kendaraan udara otonom dengan kapasitas dua penumpang ini melakukan demo flight di kawasan udara Kabupaten Klungkung, Bali.

"Presiden Direktur Prestige Image Motocars Rudy Salim mengatakan, EHang 2016 ini nantinya bisa digunakan untuk menempuh daerah terpencil, dan menjadi solusi akses jalur darat.

Ia menyebut, taksi terbang ini akan meningkatkan produktivitas serta mendukung program kesehatan, karena bebas dari polusi, tidak seperti kendaraan lain pada umumnya.

"Taksi terbang EHang 216 ini nantinya bisa mengantar penumpang di area perkotaan dengan memanfaatkan jaringan internet dan dikendalikan oleh pilot di darat," kata Rudy.

Lebih lanjut, Rudy menuturkan soal kecanggihan EHang 216 yang mampu mengudara sejauh 30 kilometer, dan mengangkat beban maksimal 220 kilogram.

Kecepatan yang mampu dicapai taksi terbang ini maksimal adalah 130 kilometer per jam dengan tenaga listrik.

Dengan lebar 5,6 meter dan tinggi 1,7 meter, EHang 216 ini termasuk dalam kategori Autonomous Aerial Vehicle (AAV) dan Vertical Take-off and Landing (VTOL).

Soal keamanan, EHang 216 ini memiliki 16 baling-baling yang telah dicoba terbang di lebih dari 40 kota di delapan negara.

Tingkat keselamatannya bahkan melebihi helikopter konvensional. Jika keadaan darurat dan alert system menyala, maka tidak akan bisa diterbangkan dan otomatis mendarat secara aman.

"Jika terjadi di udara bahkan apabila propeller tidak berfungsi sampai tiga sekalipun masih bisa terbang. Sistem keamanan lainnya yaitu EHang 216 dapat kembali ke titik asal dan mendarat sesegera mungkin," ujarnya.

Untuk penerbangan sewa dengan penumpang, Rudy Salim mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu izin yang dikeluarkan oleh pihak-pihak terkait sebelum operasional resmi.