Kehebatan Helikopter AH-64 Apache, Senjatanya Roket hingga Rudal

Rabu, 01 Desember 2021 – 19:33 WIB

Helikopter AH-64 Apache (Foto:Istimewa)

Helikopter AH-64 Apache (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Helikopter Apache merupakan helikopter serbu buatan Amerika Serikat (AS). Helikopter ini dipasangai berbagai senjata canggih yang bakal bikin gentar musuh.

Beberapa senjata yang ada di helikopter tersebut yakni automatic gun canon 30 mm yang bisa menembus baja 2-5 cm. Kedua, roket untuk menghancurkan musuh sejauh 7 km. Ketiga, rudal udara-ke-darat atau air-to-ground.

Helikopter ini dipasangi sepasang mesin T700-GE-701D dari General Electric yang punya kekuatan yakni 1.994 shp (1.487 kw).

Transmisi mesin gunakan coupe dengan tenaga ekstra dengan kecepatan maksimum AH-64E bisa mencapai 300 km/jam.

Pada AH-64E, Boeing menyematkan sistem datalink MUM-TX lansiran L-3 Communications. Keunggulan dari datalink ini memungkinkan awak helikopter untuk dapat mengendalikan drone (UAV) lewat frekuensi C, D, L, dan Ku-band

AH-64 Apache adalah tipe helikopter militer dari jenis penyerbu/ penempur yang bisa diterbangkan dalam berbagai keadaan cuaca.

Helikopter serbu ini dikendalikan oleh dua orang crew dan persenjataan utamanya terdiri dari sebuah senapan mesin M230 kaliber 30 mm yang terletak di bawah hidung AH-64 Apache.

Helikopter ini juga bisa membawa gabungan persenjataan lain seperti AGM-114 Hellfire dan pod roket Hydra 70 di empat hard point pada pangkal sayap.

AH-64 Apache merupakan helikopter penyerang utama bagi Angkatan Darat Amerika Serikat dan merupakan pengganti helikopter serbu AH-1 Cobra.

Helikopter tersebut telah teruji dalam mengemban tugas di berbagai medan operasi di belahan dunia.

Helikopter serang Apache ini dilengkapi dengan berbagai teknologi sistem senjata yang modern sehingga dapat mengidentifikasi musuh (terutama tank) pada jarak yang jauh tanpa terdeteksi oleh musuh.

Persenjataan dan peluru kendali yang diusungnya pun memiliki daya jangkau yang jauh melebihi daya jangkau tembakan tank musuh (T72).