'Kincir Waktu 1': Menguak Misteri Pemerkosaan Massal Era 98

Selasa, 07 Desember 2021 – 07:01 WIB

Novel Kincir Waktu 1 karya sastrawan Akmal Nasery

Novel Kincir Waktu 1 karya sastrawan Akmal Nasery

JAKARTA, REQnews - Satu lagi karya menarik "ditelurkan" oleh penulis dan sastrawan Akmal Nasery Basral. Akmal baru saja merilis novel terbarunya yang berjudul "Kincir Waktu 1".

Novel ini mengangkat misteri pemerkosaan massal pada tahun 1998 dan skandal imigran gelap di era itu.

"Kincir Waktu 1" berkisah tentang tokoh protagonis bernama Wikan Larasati, seorang jurnalis perempuan yang berupaya mengungkap misteri pemerkosaan massal 1998 dan skandal imigran gelap dari Indonesia ke Amerika Serikat pasca kerusuhan Mei.

"Novel ini mampu menangkap zeitgeist (semangat zaman) dari sebuah era," kata Guru Besar Sastra Jepang, FIB UI, I Ketut Surajaya, dikutip dari siaran pers tertulis, Selasa, 7 Desember 2021.

Sementara itu, Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim yang pernah menjabat sebagai KSAU periode 2002-2005 mengatakan, Akmal memiliki "dendam" yang besar untuk tegaknya keadilan di negeri ini.

"Novel Akmal memberi jalan kepada saya untuk menuliskan pengalaman sendiri dalam bentuk novel juga. Inspiratif," ujar Chappy.

"Kincir Waktu 1" menjadi novel ke-22 Akmal Nasery Basral yang pernah menerima penghargaan National Writer's Award SATUPENA 2021 kategori fiksi.

Novel "Kincir Waktu 1" bakal diluncurkan secara resmi pada 10 Desember 2021 dalam ajang Indonesia International Book Fair (IIBF).