IFBC Banner

Sinopsis 'Nana', Film Berbahasa Sunda Pertama yang Diputar di Berlin International Film Festival

Sabtu, 22 Januari 2022 – 16:01 WIB

Film Nana tampil di Berlin International Film Festival 2022.

Film Nana tampil di Berlin International Film Festival 2022.

JAKARTA, REQnews - Industri film Tanah Air kembali menorehkan prestasi di kancah internasional lewat film berjudul 'Nana'. Film yang dalam versi bahasa Inggrisnya diberi judul 'Before, Now & Then' itu akan tampil di Kompetisi Berinale atau Berlin International Film Festival 2022.

'Nana' merupakan garapan sutradara Kamila Andini dan Fourcolour Films dan menjadi film berbahasa Sunda pertama yang tampil di Festival Film Berlin.

Hal ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. Film 'Nana' kian disorot beberapa waktu belakangan usai polemik pelarangan penggunaan bahasa Sunda yang menyeret nama anggota DPR Arteria Dahlan.

Film 'Nana' bercerita tentang seorang perempuan Indonesia yang hidup di daerah Jawab Barat di era 1960-an yang diangkat dari kisah nyata kehidupan Raden Nana Sunani. Kisah seorang perempuan bernama Nana (diperankan oleh Happy Salma) yang melarikan diri dari gerombolan yang ingin menjadikannya istri dan membuatnya kehilangan ayah dan anak.

Ia lalu menjalani hidupnya yang baru bersama seorang menak Sunda hingga bersahabat dengan salah satu perempuan simpanan suaminya bernama Ino (diperankan Laura Basuki).

Film ini berlatar tempo dulu dan menggunakan sastra Sunda di era 50-an dan 60-an. Film 'Nana' mengambil lokasi syuting di Ciwidey sehingga sekaligus menjadi sarana untuk mempromosikan keindahan alam Jawa Barat ke kancah internasional.