Lagi Heboh di Sosmed! Apa Beda KKN di Desa Penari Uncut dan Versi Biasa? Ini Penjelasan Lengkapnya

Sabtu, 07 Mei 2022 – 08:01 WIB

Film KKN di Desa Penari

Film KKN di Desa Penari

JAKARTA, REQnews - Film 'KKN di Desa Penari' yang rilis sejak 30 April 2022 lalu tengah membetot perhatian publik Tanah Air. Film ini sukses membuat banyak orang penasaran hingga berbondong-bondong datang ke bioskop.

Namun di tengah antusiasme masyarakat yang besar untuk menonton film ini, jagat maya justru dihebohkan dengan pembahasan soal adanya dua versi dari film tersebut.

Seperti diketahui, KKN di Desa Penari dirilis dalam dua versi, yakni versi uncut dan versi biasa. Disebut-sebut, KKN di Desa Penari Uncut menampilkan beberapa adegan dewasa yang vulgar.

Namun faktanya, adanya dua versi tersebut justru membuat para netizen heran. Pasalnya, mereka yang sudah menonton KKN di Desa Penari Uncut merasa tidak tahu adegan vulgar mana yang seharusnya ditampilkan dan dipotong.

Seperti yang disampaikan oleh pemilik akun Twitter @flyins*****, "iya aku bingung uncut nya apaan dah".

Sementara itu, akun Twitter @nero**** yang mengomentari cuitan YouTuber, Nessie Judge pun merasa bingung.

"Film horror tergaring, uncut sebelah mananya desah desah doang jadi mikir ini uncutnya sebelah mana?" tulis @nero****.

Pendapat serupa juga disampaikan netizen dengan akun @cikakohl. "KKN Desa Penari, bedanya cut sama uncut di sebelah mana nya ya? Uncut juga adegannya menurut aku gak terlalu anu banget soalnya," cuitnya.

Nah, bagi kalian yang penasaran dengan perbedaan kedua versi tersebut tapi belum menonton filmnya, simak nih penjelasan berikut.

Perbedaan paling jelas dari dua versi KKN di Desa Penari ini adalah durasi film. Dilansir dari situs lsf.go.id, Sabtu, 7 Mei 2022, versi reguler KKN di Desa Penari memiliki durasi 121 menit. Sementara KKN di Desa Penari versi uncut panjang durasinya 130 menit. Ada perbedaan durasi sekitar 9 menit.

Selain itu, KKN di Desa Penari uncut juga dilabeli dengan 17+ (untuk 17 tahun ke atas). Berbeda dengan film KKN di Desa Penari versi cut yang masih ramah ditonton anak remaja karena dilabeli PG-13 atau untuk 13 tahun ke atas.

Menurut laman lsf.go.id, film yang menghabiskan dana belasan miliar rupiah, ini tayang dalam dua versi yaitu Cut dan Uncut (tanpa potongan). Untuk versi cut memang dipersiapkan bagi hiburan keluarga saat libur Lebaran.

Sedang versi Uncut disajikan untuk penonton dewasa. Lembaga Sensor Film mengklasifikasikan film KKN di Desa Penari versi cut untuk penonton usia 13 tahun ke atas, dan versi Uncut untuk penonton usia 17 tahun ke atas.