IFBC Banner

Baru di Netflix! Sinopsis 'Our Father': Kisah Nyata Dokter Gila Donorkan Sperma Ilegal ke 100 Wanita

Minggu, 15 Mei 2022 – 23:01 WIB

Film Dokumenter 'Our Father'

Film Dokumenter 'Our Father'

JAKARTA, REQnews - Satu lagi film dokumenter menarik dirilis Netflix baru-baru ini! Adalah film berjudul 'Our Father' yang diangkat dari kisah nyata mencengangkan.

Film ini mengangkat kisah seorang dokter "gila" bernama Donald Cline yang sempat menggemparkan publik AS beberapa waktu silam. Diceritakan, Donald Cline melakukan praktik inseminasi secara ilegal tanpa persetujuan pasien.

Inseminasi merupakan proses pemasukan sperma ke dalam genital wanita. Tindakan ini biasanya dilakukan pada para ibu yang ingin memiliki keturunan namun terkendala masalah kesuburan.

Terungkap, setidaknya ada 94 anak dari ibu yang berbeda, disinyalir merupakan hasil dari donor sperma ilegal yang dilakukan Cline.

Yang mencengangkan, 94 anak tersebut hidup di satu kota yang sama dan saling berhubungan satu sama lain tanpa mengetahui bahwa mereka punya hubungan sedarah.

Lebih mengejutkan lagi, Cline telah melakukan praktik itu selama 10 tahun hingga memungkinkan ada lebih banyak anak hasil donor sperma ilegal tersebut. Cline juga berbohong dengan menyatakan bahwa sperma yang didonorkan adalah hasil pilihan pasien atau sampel residen medis.

Eksperimen gila Cline ini sudah berlangsung sejak dekade 1970-an hingga 1980-an, hingga akhirnya mulai terungkap ketika ada seseorang bernama Jacoba Ballard asal Indiana melakukan tes DNA.

Hasil tes DNA itu membuat Jacoba syok karena menyatakan dirinya memiliki tujuh saudara tiri. Tak hanya itu, Jacoba juga menemukan 50 saudara tiri lainnya saat melanjutkan penyelidikan lebih jauh.

Para anak tersebut termasuk Jacoba lantas berupaya menuntut pertanggungjawaban dari Cline. Namun sayang, aturan hukum yang tidak jelas soal praktik ilegal donor sperma membuat Cline lolos dari tuntutan.

Akhirnya, Cline baru mengaku bersalah pada tahun 2017 dan menyerahkan lisensi medis saat sudah resmi pensiun sejak 2009. Cline kemudian diganjar hukuman percobaan dan dikenakan denda sebesar 500 dolar AS.