Ingin Tahu Cara Lindung Anak Anda Pelaku Tindak Pidana? Baca Buku Ini

Minggu, 08 September 2019 – 15:00 WIB

Cover buku karangan Harrys Pratama Teguh,SHI,MH yang berjudul Teori Dan Praktek Perlindungan Anak Dalam Hukum Pidana (doc: istimewa)

Cover buku karangan Harrys Pratama Teguh,SHI,MH yang berjudul Teori Dan Praktek Perlindungan Anak Dalam Hukum Pidana (doc: istimewa)

JAKARTA, REQnews – Jangan pernah mengucilkan atau menyudutkan seorang anak yang melakukan tindak pidana. Sebab mereka pun perlu didukung dan memperoleh perlindungan hukum dalam proses peradilan perkaranya.

Hal itu demi kepentingan terbaik bagi anak (best interest of the child) baik dari segi perlindungan hukum, pelaksanaan pemeriksaan dan pemidanaan terhadap anak pelaku tindak pidana. Pun pemerintah telah menetapkan Undang- Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak sebagai dasar hukum yang kuat guna melindungi hak-hak anak sebagai tersangka.

Kenyataannya, dalam proses penegakan hukum, hak-hak anak yang menjadi pelaku tindak pidana masih kurang mendapatkan perlindungan dari para aparat penegak hukum.

Nah buku karangan Harrys Pratama Teguh,SHI,MH yang berjudul “Teori Dan Praktek Perlindungan Anak Dalam Hukum Pidana”, bisa menjadi referensi untuk mengetahui soal perlidungan hukum bagi anak-anak yang melakukan tindak pidana hukum.

Dalam buku ini, Harrys memberikan penjabaran yang cukup sistematis, faktual dan akurat terhadap perlindungan hak-hak anak sebagai pelaku tindak pidana dalam proses penyidikan dikaitkan dengan Undang-Undang tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

Buku ini menggunakan spesifikasi penelitian yang bersifat deskriptif analistis, yaitu berupa penggambaran, penelaahan, dan penganalisaan ketentuan yang berlaku. Cara itu untuk memberikan gambaran yang sistematis, faktual dan akurat terhadap perlindungan hak-hak anak sebagai pelaku tindak pidana dalam proses penyidikan dikaitkan dengan Undang-Undang tentang Sistem Peradilan Pidana Anak..

Buku yang ditulis Harrys ini sebagai bentuk kontribusinya bagi dunia anak pada umumnya, dan bagi bidang Hukum Perlindungan Anak pada khususnya yang dinilai masih sangat berjalan lambat dan memprihatinkan kondisinya di Indonesia.

Semoga bermanfaat.