Ingin Tahu Soal Tindak Pidana Pencucian Uang, Silahkan Baca Buku ini

Rabu, 04 September 2019 – 07:30 WIB

Cover Buku Polisi Mengantar Ayam Hilang (doc: istimewa)

Cover Buku Polisi Mengantar Ayam Hilang (doc: istimewa)

JAKARTA, REQnews – Mandeknya penanganan kasus pencucian uang sudah menjadi hal biasa dalam tubuh kepolisian. Apalagi sudah jadi rahasia umum, bila kasus itu tiba-tiba hilang tiada bekas di tengah jalan. Ada apa dan mengapa?

Nah, untuk tau jawabannya silahkan koleksi dan baca buku yang berjudul “Polisi Mengantar Ayam Hilang (Perspektif: Penegakan Hukum Tindak Pidana Pencucian Uang yang Memberi Harapan, Manfaat, dan Rasa Keadilan)”.

Melalui buku ini, Agung Setya yang adalah mantan Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri ini, berupaya membuka pemahaman banyak pihak mengenai hakikat pencucian uang sekaligus menjadi auto-kritik, menyentil, dan menasehati para penegak hukum.

Buku yang terdiri atas 15 sub-judul ini, lahir atas keprihatinan Agung dari fenomena perkembangan penegakan hukum pencucian uang yang dirasakan keluar menjauh dari hakikat aspek implementasi penegakan hukum, sehingga tampaknya jauh asap dari panggangnya.

Maka tak heran, anekdot yang muncul di masyarakat “hilang ayam lapor polisi”, akan menjadi hilang kambing, dan seterusnya. Menjadi bentuk umpatan masyarakat dan rasa tidak percayanya masyarakat kepada para penegak hukum dalam menyelesaikan setiap permasalahan.

Di lain sisi, sebagai sebuah pemikiran, buku ini ditujukan bagi Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk menjalankan amanah konstitusi, khususnya sebagai penegak hukum. Bahwa penegakan hukum oleh Polri saat ini perlu diarahkan untuk mencapai substansinya, yakni kepastian, keadilan, dan kemanfaatan hukum. (Binsasi)