5 Film Tentang Sepak Terjang Polisi Bongkar Kasus Kriminal

Jumat, 20 September 2019 – 18:30 WIB

Cover film American Gangster

Cover film American Gangster

JAKARTA, REQnews – Bagi pencinta film bergenre action dan kriminal, rugi kalau sampai melewatkan film-film ini. Film yang direkomendasikan REQnews ini mengisahkan tentang kiprah kepolisian memberantas kasus-kasus kriminal.

Bahkan beberapa di antaranya di ambil dari kisah nyata lho. Yuk intip satu-satu!

 

1. 21 Jump Street

Bagi Anda yang tumbuh remaja pada masa 1980-an sampai 1990-an pasti mengingat serial televisi 21 Jump Street yang melejitkan nama Johnny Depp. Serial ini terbilang laris, diproduksi dari 1987-1991.

Kisahnya cukup unik saat itu. Tentang kesatuan polisi khusus yang ditugaskan untuk menyamar sebagai anak muda. Tujuannya mengungkap kriminalitas yang terjadi di kalangan remaja. Tentu saja untuk itu dipilih polisi-polisi yang bertampang unyu.

Plot kisah ini juga diangkat ketika 21 Jump Street dijadikan film layar lebar yang diluncurkan tahun 2012. Mengangkat judul yang sama, versi film layar lebar ini disutradarai oleh Phil Lord dan Chris Miller.

Karakter utama di film ini mengisahkan Schmidt (Jonah Hill) dan Jenko (Channing Tatum) dua rival semasa SMA yang bertemu lagi di akademi kepolisian. Keduanya seperti yin dan yang. Schmidt memiliki otak dan Jenko sebagai ototnya.

 

2. The Untouchables

Film yang dirilis 1987 ini diangkat dari autobiografi mantan agen penegak hukum federal di Biro Pelarangan, Eliot Ness yang menangkap gembong mafia Al Capone di Chicago. Al Capone saat itu menjalankan usaha ilegal pembuatan bir yang masih dilarang di AS, prostitusi, penyelundupan manusia. Dan untuk melindungi usahanya yang ilegal ini, Al Capone menyuap penegak hukum dan menggelapkan pajak.

Eliot Ness dalam film ini diperankan oleh Kevin Costner, sementara Al Capone diperankan oleh Robert De Niro, sedangkan polisi senior Jimmy Malone diperankan oleh Sean Connery. Juga ada Andy Garcia dan Charles Martin Smith yang memerankan anggota Ness untuk menyerbu Al Capone.

Film yang disutradarai Brian De Palma ini kemudian mendapatkan 4 nominasi Oscar, dan Sean Connery berhasil menang pada kategori Aktor Pembantu Terbaik.

 

3. Rampart

Film ini terinspirasi dari kisah nyata 'Skandal Rampart' yang terjadi di Amerika Serikat (AS) akhir 1990-an. Skandal Rampart, diambil dari nama Divisi Rampart, yang bertugas memerangi geng dan mafia di bawah Los Angeles Police Department (LAPD).

Mulanya melaksanakan tugas, namun pada perjalanannya Divisi Rampart ini malah menyalahgunakan wewenang. Personel-personelnya suka semena-mena mengancam dengan menembak, memukul, memalsukan barang bukti, mengatur tersangka, mencuri barang bukti seperti narkotik kemudian dijual kembali, perampokan bank dan menjadi beking aktivitas ilegal.

Film yang disutradarai oleh Oren Moverman dan dibintangi oleh Woody Harrelson dan Ice Cube ini diputar pertama kali di publik di Toronto International Film Festival pada 10 September 2011.

 

4. American Gangster

Film ini diangkat dari kisah nyata gangster AS dari La Grange, North Carolina, Frank Lucas. Tokoh Lucas dalam film ini diperankan oleh Denzel Washington. Sementara Polisi Richie Robert diperankan Russel Crowe. Cerita film ini diakui sedikit mendramatisasi dari kisah nyatanya.

Lucas adalah bandar heroin dan bos organisasi kriminal era 1960-an-1970-an. Ia sudah terbiasa menyuap pihak kepolisian setempat untuk memuluskan bisnisnya.

Namun muncul salah satu tokoh polisi di Newark Police Department, Richie Roberts yang tak mempan suap. Ia menolak menerima cek 1 juta dolar AS di mobilnya. Kejujurannya ini membuat atasannya tertarik dan menempatkannya memimpin satuan tugas pemberantasan narkoba yang baru dibentuk di Essex County, New Jersey.

Frank Lucas pun berhasil disergap awal tahun 1975 dan divonis hukuman penjara 70 tahun. Hukuman 70 tahun itu kemudian diberi remisi plus pembebasan bersyarat. Lucas dibebaskan pada tahun 1991. Sementara Richie Roberts yang dulu menggerebeknya, sekarang menjadi pengacara kasus kriminal, termasuk membela Lucas.

 

5. Serpico

Sebuah film biografi bergenre drama kriminal yang dirilis tahun 1973. Film berdurasi 130 menit ini disutradarai oleh Sidney Lumet. Al Pacino, John Randolph, Jack Kehoe, serta Biff McGuire adalah aktor-aktor yang berperan dalam “Serpico”. Ceritanya sendiri tentang seorang polisi New York yang jujur bernama Frank Serpico mengemukakan tentang korupsi yang merajalela di kepolisian dan membuat rekan-rekannya di kepolisian berbalik melawannya.

Pemeran Frank Serpico dalam film ini adalah aktor watak Al Pacino, selain itu juga ada John Randolph dan Tony Roberts, serta disutradarai Sidney Lumet.

Saking ingin mendalami perannya sebagai Serpico, Al Pacino sampai mengundang Serpico ke rumah yang disewa Al Pacino di Montauk, New York. (Binsasi)