Gokil! Tak Mau Kalah Dengan Xiaomi, Samsung Rilis Ponsel Berkamera 108 MP

Sabtu, 09 November 2019 – 20:00 WIB

Ponsel Mi Note 10 (anandtech.com)

Ponsel Mi Note 10 (anandtech.com)

INTERNASIONAL, REQnews – Pada Rabu 6 November 2019 lalu, Xiaomi baru saja meluncurkan ponsel Mi CC9 Pro atau Mi Note 10. Ponsel ini merupakan ponsel perdana yang dibekali kamera dengan sensor kamera 108 MP. Selain dengan sensor utama 108 MP, ponsel ini juga memiliki 5 kamera atau dikenal juga dengan sebutan penta camera.

Melansir dari Digital Trends, Samsung sebagai produsen sensor tersebut juga tak mau kalah. Samsung kini dikabarkan sedang mengerjakan sensor HMX generasi kedua untuk ponsel flagshipnya Galaxy S11 untuk 2020 mendatang.

Produk tersebut bernama Samsung ISOCELL Bright HMX merupakan yang pertama dan masih satu-satunya sensor yang mendukung kamera 108 MP.

Sensor buatan Samsung ini menggunakan teknologi Tetracell. Piksel dibuat menjadi empat kesatuan besar yang masing-masing berfungsi untuk mendeteksi cahaya merah, biru, dan hijau.

?Keempat piksel tersebut kemudian yang menghasilkan gambar 27 MP pada cahaya yang sedikit. Tetracell ini lah yang membuat sensor dapat meniru sensor yang lebih besar.

?Jika lingkungan didukung dengan cahaya yang optimal, kamera mampu menghasilkan gambar 108 MP. "Algoritma remosaik membuat foto 108Mp lebih detail di siang hari," tulis Samsung.

Selain Tetracell, HMX juga didukung dengan teknologi Smart-ISO yang mampu menghasilkan gambar-gambar yang terang dalam ISO yang rendah. Menggunakan ISO tinggi juga bisa membantu mengurangi noise pada hasil gambar.

Dilansir dari BBC, sensor kamera yang besar menghasilkan gambar beresolusi besar yang harus diproses oleh sensor yang sangat kecil.

?Kondisi tersebut bisa menyebabkan resiko crosstalk, yakni gangguan yang disebabkan aliran listrik karena jarak komponen yang berdekatan. Hal ini bisa menyebabkan hasil gambar yang noise.

Namun Samsung mengatasinya dengan membuat ukuran sensor yang lebih besar dari sensor pada umumnya. Dengan ukuran 1/1,33 inci, Bright HMX dapat menyerap lebih banyak cahaya walau dalam kondisi dengan pencahayaan yang buruk. (Binsasi)