Hallo KPK, Fokuslah ke Pencegahan!

Kamis, 21 Maret 2019 – 16:09 WIB

Kepada Yth,

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

di tempat,


Dengan Hormat,

KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002, bertugas untuk melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi secara profesional, intensif dan berkesinambungan. KPK juga membawahi empat bidang yang terdiri atas bidang pencegahan, penindakan, informasi dan data.

Dalam kesempatan ini, saya ingin mempertanyakan mengenai tugas KPK di bidang pencegahan atau langkah preventif, sesuai dengan Pasal 6 poin (d) Undang-undang No.30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Dalam melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT), pasti terdapat indikasi seseorang akan melakukan kejahatan korupsi, namun mengapa hanya didiamkan saja? Selayaknya tugas KPK ialah mencegah kejahatan, bukan malah membiarkan seseorang melakukan kejahatan baru di tangkap, maka, etika KPK, kalau sadap orang yang mau diberikan uang, bukannya malah dibiarkan namun peringati orang tersebut bahwa jikalau menerima uang, merupakan tindakan kejahatan korupsi. Hal ini bagaikan bermain kucing-kucingan dengan aparat negara.

Indikasi demi indikasi telah diperoleh oleh KPK, saya yakini KPK bukan sebuah lembaga yang melakukan penyadapan tanpa adanya maksud dan tujuan yang jelas, namun apakah KPK telah melakukan tugasnya sesuai dengan bidang yang dilakoninya? Apakah terdapat bidang pencegahan yang dilakukan? Atau langsung kepada bidang penindakan? Maka apa guna bidang pencegahan jika tidak dilakukan.

Dalam Pasal 13 poin (d) UU KPK, mengejaskan bahwa dalam melaksanakan tugas pencegahan ialah merancang dan mendorong terlaksananya program sosialisasi pemberantasan tindak pidana korupsi, namun mengapa tidak dilaksanakan sedemikian rupa.

Sekiranya terdapat tindakan pencegahan, maka akan lebih sedikit orang yang terjerat kejahatan korupsi, orang pun tersadarkan bahwa perbuatan mereka diawasi oleh instansi yang berwenang.

Apakah semakin banyak orang yang tertangkap melakukan kejahatan tindak pidana korupsi merupakan suatu prestasi yang membanggakan? Atau sebaliknya? Saya berharap KPK dapat melakukan tindakan preventif dengan semestinya.(*)

IVAN HERYANTO

Jakarta Utara

Terima kasih atas komentarnya.

Salam dan sukses selalu

REDAKSI REQNEWS

Graha Pena, Jakarta Selatan

Surat Pembaca

Pembaca dapat mengirimkan materi surat pembaca melalui email: