Menghitung Hari Penetapan Rekapitulasi Suara Nasional Pemilihan Umum 2019

Rabu, 15 Mei 2019 – 11:15 WIB

Kepada Yth,

Komisioner Bawaslu RI

di tempat

Sebentar lagi hasil rekapitulasi penghitungan suara nasional akan diumumkan kepada publik. Opini serta isu-isu seputaran kecurangan proses pemilu disana-sini semakin berkembang pada masyarakat luas. Banyak isu di lapangan terkait adanya campur tangan pihak luar dalam setiap kebijakan yang diambil oleh KPU. Tapi kami sebagai masyarakat umum sangat mengharapkan Bawaslu sebagai lembaga negara yang bersifat independen yang bertugas mengawasi penyelenggaraan Pemilu untuk sigap dalam memproses itu semua jika benar adanya ditemukan bukti-bukti dikemudian hari.

Tidak dapat dipungkiri, setiap masa pemilu di tiap pagelarannya selalu ditemukan kecurangan baik dari tingkat pusat sampai ke daerah. Mungkin era pemilu tahun 1955 merupakan pemilu yang paling ideal. Walaupun pertentangan ideologi yang ada pada saat itu cukup kuat, tapi dapat dikatakan sangat minim terjadi kecurangan dalam pelaksanaan tahapan-tahapannya. Jikapun ada, gesekan yang terjadi itu berada di luar wilayah pelaksanaan Pemilu. Adanya gesekan yang muncul tersebut merupakan konsekuensi logis pertarungan ideologi pada saat itu.

Kehadiran Bawaslu sebagai pengawas pemilu sangatlah strategis. Tugas, wewenang serta kewajiban dari Bawaslu yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum sangatlah strategis dan memiliki posisi yang cukup kuat. Bawaslu haruslah professional dan transparan dalam setiap pengawasan di lapangan.

Pada intinya integritas dari pimpinan maupun komisioner Bawaslu sangat kami harapkan. Apa jadinya jika Bawaslu sendiri sudah tidak dapat dipercaya lagi?


Tembusan

1. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI

2. Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI


Salam,


Pusat Data REQnews.com

Reno Maratur Munthe




RENO MARATUR MUNTHE

Graha Pena Lantai 5, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

Terima kasih atas surat ini

Redaksi REQnews


REDAKSI REQNEWS

Graha Pena, Jakarta Selatan

Surat Pembaca

Pembaca dapat mengirimkan materi surat pembaca melalui email: