IFBC Banner
Faksi Septian Mahargita SH

Faksi Septian Mahargita SH

Praktisi Hukum REQnews

  • Salam, Saya mau konsultasi apakah menyembunyikan pacar yang diketahui sedang dicari Polisi karena mengedarkan narkoba itu dilarang? Lalu apa yang harus saya lakukan? Terima kasih. Lila di Jakarta

  • Dear Ibu Lila

     

    Kami turut prihatin atas masalah yang menimpa pacar ibu, terkait menyembunyikan pacar yang terbukti mengedarkan narkoba (melakukan dugaan tindak pidana) telah diatur dalam Pasal 221 ayat (1) KUHP yang berbunyi “diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah:

    1. barang siapa dengan sengaja menyembunyikan orang yang melakukan kejahatan atau yang dituntut karena kejahatan, atau barang siapa memberi pertolongan kepadanya untuk menghindari penyidikan atau penahanan oleh pejabat kehakiman atau kepolisian, atau oleh orang lain yang menurut ketentuan undang-undang terus menerus atau untuk sementara waktu diserahi menjalankan jabatan kepolisian;
    2. barang siapa setelah dilakukan suatu kejahatan dan dengan maksud untuk menutupinya, atau untuk menghalang-halangi atau mempersukar penyidikan atau penuntutannya, menghancurkan, menghilangkan, menyembunyikan benda-benda terhadap mana atau dengan mana kejahatan dilakukan atau bekas-bekas kejahatan lainnya, atau menariknya dari pemeriksaan yang dilakukan oleh pejabat kehakiman atau kepolisian maupun oleh orang lain, yang menurut ketentuan undang-undang terus-menerus atau untuk sementara waktu diserahi menjalankan jabatan kepolisian.

     

    Bahwa oleh karena menyembunyikan seseorang dari dugaan tindak pidana tersebut merupakan perbuatan melanggar hukum dan dapat dikenakan sanksi pidana dengan ancaman hukuman pidana penjara maksimal 9 bulan kecuali orang yang menyembunyikan pelaku dugaan tindak pidana merupakan seorang keluarga sedarah atau semenda garis lurus atau dalam garis menyimpang sampai derajat kedua atau ketiga atau terhadap suami/ istrinya atau bekas suami/ istrinya.

     

    Bahwa oleh karena hubungan ibu dengan pelaku pengedar narkoba masih dalam tahap berpacaran maka ibu tidak dapat perlindungan hukum dari menyembunyikan pelaku pengedar narkoba tersebut. Adapun upaya yang dapat ibu tempuuh yaitu dengan memberikan informasi kepada kantor kepolisian terdekat atas tindakan yang dilakukan oleh pacar ibu. Demikian jawaban dari kami semoga dapat membantu permasalahan ibu.

Apakah Anda memiliki Pertanyaan Hukum?