Tentang Kami

Kata “Req” berasal dari kata “Requisitoire” dan asal katanya; Perancis (réquisitoire) dan Inggris (requisitoire) yang memiliki arti “penuntutan” atau “surat penuntutan.”

Pada awal tahun 2000-an, kata “Requisitoire” digunakan untuk nama majalah internal yang diterbitkan organisasi Persatuan Jaksa Indonesia (PJI). Nama ini digunakan seturut peran dan fungsi para jaksa, antara lain, sebagai penuntut umum. Nama “Requisitoire” juga masih digunakan di kala “majalah REQuisitoire” dikelola pihak eksternal (swasta) hingga saat ini.

Tahun 2016, waktu majalah requisitoire memiliki media versi online,  namanya menjadi “requisitoire-magazine.com.” Seterusnya,  2018, manajemen sepakat menghadirkan media online baru dan masih seputar jurnalisme hukum dengan nama baru, yang lebih simpel, gampang dilafal dan mudah diingat, yakni REQ + news menjadi “REQnews” diambil dari suku kata pertama kata “Requisitoire.”  REQnews ini kemudian resmi tayang ke hadapan publik pada 19-1-2019 dan kami sepakat tanggal ini menjadi kelahiran REQnews.

Nama REQnews juga dipakai demi untuk tidak meninggalkan jejak-langkah bersama Requisitoire yang selama ini fokus pada jurnalisme hukum. Nama “REQ” juga kami anggap tidak begitu jauh dari kata “Recht” (Belanda) yang memiliki arti “hukum.”

Seperti namanya, REQnews fokus pada jurnalisme di bidang hukum dan HAM (Hak Asasi Manusia). Ada pula tentang pariwisata (leisure) sebagai tambahan agar hukum yang dianggap serius, menjadi lebih rileks.Redaksi REQnews juga meramu redaksionalnya menjadi lebih rileks, didukung kehadiran video dan foto-foto pendukung.

REQnews ingin menjadi media yang lebih informatif, lebih edukatif dan lebih inspiratif,  menjadi mitra teknis dan strategis para pemangku kepentingan (stakeholders) di bidang hukum & HAM. Diharapkan menjadi terang yang menerangi seluruh bangsa. Kian banyak warga bangsa yang tahu, paham, mencintai dan konsisten menegakkan hukum. Dengan demikian “Hukum adalah Panglima” tak sekedar sloganitas.

REQnews diterbitkan PT. Req Transformasi Indotama dengan Akta Pendirian Tgl 28 Maret 2013 No. 43.-Akta perubahan Tgl 18 November 2015 No. 34.-SK Menkumham No. AHU - 3590148.AH.01.11.TAHUN 2015 tanggal 08 Desember 2015, NPWP 74.609.643.7-013.000.(*)