Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!
Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!

Pengaruh Globalisasi Terhadap Ilmu Hukum

Senin, 07 Januari 2019 – 14:08 WIB

Bambang Siswanto

Bambang Siswanto

Bambang Siswanto,S.H.,M.H.

JAKARTA, REQnews - Dalam menghadapi era globalisasi, bila tidak mau tertinggal, setiap pribadi dituntut untuk terus mengembangkan pengetahuan,. Hal itulah yang disadari olah Bambang Siswanto. Karenanya pria yang selau berpenampilan perlente ini selalu berusaha meningkatkan pengatahuan.

Membaca sudah menjadi kegiatan sehari-harinya, baik itu buku maupun putusan pengadilan, selain itu untuk menambah wawasannya, ia pun rajin mengikuti berbagai seminar yang berhubungan dengan profesinya dan tentunya ikut pendidikan formal.

Arus mobilitas orang dan perdagangan internasional yang semakin meningkat, pengetahuan di bidang hukum menjadi sangat dibutuhkan, semuanya akan bersentuhan dengan hukum. Karenanya informasi-informasi terbaru di bidang hukum wajib diketahui oleh seorang lawyer. "Dengan kondisi ini pengetahuan lawyer terhadap peraturan-peraturan mengenai investasi, perdagangan, jasa-jasa dan bidang-bidang ekonomi menjadi pengathuan tambahan yang harus dikuasai," ujarnya.

Terkait dinamika globalisasi yang mempengaruhi bidang hukum, Bambang pun menempuh pendidikan kurator. Dengan semakin berkembangnya sektor bisnis, profesi kurator banyak dibutuhkan, Bambang melihat peluang yang cukup bagus ini, dan kini banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan jasanya.

“Ke depan seorang lawyer harus memiliki spesialisasi” ujarnya. Lebih jauh Bambang mengungkapkan pekerjaannyanya tersebut, dimana ia sebagai kurator memiliki tugas melakukan pengurusan dan pemberesan harta pailit. Seorang kurator harus mampu memberikan yang terbaik untuk memaksimalkan nilai harta pailit.

Dalam waktu dekat, Bambang juga ingin menjadi konsultan HKI. Menurutnya ke depan peran konsultan HKI akan sangat dibutuhkan oleh negara dan masyarakat, karena konsultan HKI akan membimbing para inventor, pencipta seni dan yang liannya untuk mendapatkan hak-hak mereka sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia, selain itu guna mendorong kreativitas masyarakat untuk terus berkembang. Sehingga ia ingin mengambil peluang tersebut, untuk menambah pengetahuannya dan tentu saja keahlian di profesinya. (nls)