Detik-detik Brimob Bharatu Luki Ditembak KKB di Papua

Minggu, 12 Januari 2020 – 08:00 WIB

Bharatu Luki saat dievakuasi ke rumah sakit (Foto: Istimewa)

Bharatu Luki saat dievakuasi ke rumah sakit (Foto: Istimewa)

NDUGA,REQnews - Kronologi tertembaknya anggota Brimob Bharatu Luki Darmadi akhirnya diungkap Polda Papua. Luki tertembak di bagian paha, di Kenyam, Nduga, Papua, Sabtu 11 Januari 2020.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengungkapkan, kejadian itu berawal pada pukul 06.28 WIT, saat anggota Brimob Polda Maluku sedang melaksanakan kurve di pos.

Ketika itu, Bharatu Luki Darmadi menuju ke tempat pembuangan sampah yang berada di sekitar ujung bandara untuk membuang sampah. Pada saat menyebrang ke jalan, tepatnya di samping pos Brimob dengan jarak lebih kurang 50 meter, tiba-tiba terdengar bunyi tembakan.

Rentetan tembakan itu berasal dari arah sebelah kanan Pos Brimob. Pada saat terdengar bunyi tembakan dan mengenai korban, Bharatu Luky Darmadi langsung berteriak ke arah Pos bahwa 'saya terkena tembak di paha'.

"Korban yang terjatuh kemudian merayap ke samping selokan bandara," kata Kamal pada 12 Januari 2020.

Bharatu Luky kemudian mengambil posisi perlindungan di mesin molen. Namun, pada saat itu masih terdengar bunyi tembakan rentetan ke arah korban.

Selanjutnya, anggota Pos Brimob melakukan tembakan balasan dan terjadi kontak senjata.

"Pukul 06.46 WIT, anggota Pos lainnya menuju ke arah korban untuk mengevakuasi korban, dan selanjutnya dibawa ke Mapolsek Kenyam," ujar Kamal.

Kemudian pada pukul 08.20 WIT, tim medis dari TNI yang tiba di Mapolsek Kenyam langsung melakukan tindakan medis terhadap korban.

Selanjutnya, korban dievakuasi ke Kota Timika, Kabupaten Mimika. "Korban saat ini sudah berada di Rumah Sakit Mitra Masyarakat untuk mendapat perawatan medis," kata Kamal.

Penembakan terhadap anggota Brimob tersebut diduga dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB).