Ibunda Sakit Kanker dan Sudah Sepuh, Nunung Tak Tega Jujur Soal Hukumannya

Rabu, 15 Januari 2020 – 02:00 WIB

Nunung dan Suami. (Foto: Istimewa)

Nunung dan Suami. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Beberapa waktu lalu, komedian Srimulat Tri Retno Prayudati alias Nunung dan suaminya, July Jan Sambiran sempat membuat heboh jagat maya. Keduanya yang masih dalam masa hukuman rehabilitasi atas kasus penyalahgunaan narkoba tertangkap kamera tengah berada di Solo, Jawa Tengah.

Nunung mengakui bahwa lawatanya sudah mendapat izin dari pihak Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur. Nunung mengaku datang ke Solo lantaran ibunya sedang sakit parah dan ia harus menjenguknya.

"Pertama kan nengok orangtua saya (ke Solo). Orangtua kan sakit kena kanker lidah dan sudah sepuh. Saya kan ya kangen banget dan ibu saya juga kan kangen banget sama saya," ucap Nunung seusai menjadi saksi sidang kasus kurir narkoba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan

Nunung yang mengaku pergi didampingi petugas RSKO mengatakan, kondisi ibunya sedikit membaik setelah ia kunjungi. Kunjungan itu dilakukan hanya dalam waktu sehari, tanpa menginap.

Melihat kondisi ibunya yang sudah sepuh, Nunung tidak tega berkata jujur kepada sang bunda bahwa ia divonis 1,5 tahum. Ibu kandungnya hanya mengetahui bahwa saat ini ia tengah menjalani pengobatan, bukan vonis akibat konsumsi narkoba jenis sabu.

Lebih lanjut Nunung tak ingin kondisi ibunya terganggu hanya karena masalah yang ia alami saat ini.

"Ya, kalau ibu kan sudah sepuh, ya. Jadi tahunya kan... Ibu dikasih tahu bahwa saya berobat. Gitu saja," ungkapnya.

Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis keduanya dengan hukuman 1 tahun 6 bulan pidana penjara dalam kasus penyalahgunaan narkoba pada 27 November 2019 lalu.

Vonis yang diberikan hakim sama seperti tuntutan yang diberikan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Hakim juga meminta Nunung untuk tetap menjalani rehabilitasi medis dan sosial di RSKO Cibubur.

"Mengadili, satu, menyatakan bahwa terdakwa Tri Retno Prayudati alias Nunung dan Juli Jan Sambiran terbukti secara sah dan bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis golongan I bagi diri sendiri," kata Ketua Majelis Hakim Agus Widodo saat membacakan putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Dua menjatuhkan pidana kepada para terdakwa dengan pidana masing-masing sama 1 tahun 6 bulan," tambahnya.

Meski begitu, hakim memerintahkan agar masa penahanan terdakwa dikurangi dengan delik pidana yang telah dibebankan. Selain itu, para terdakwa juga diminta untuk menetap di RSKO Cibubur saat ini.