Apakah Warga Bumi Rela Pindah, Jika Ditemukan Planet Lain Siap Huni?

Kamis, 16 Januari 2020 – 07:30 WIB

Bumi dan planet TOI 700d temuan terbaru NASA

Bumi dan planet TOI 700d temuan terbaru NASA

JAKARTA, REQnews - Tak ada yang memungkiri, dunia sedang krisis. Iklim tak menentu, kian ekstrem dan semakin tak bersahabat dengan manusia, menimbulkan pertanyaan, apakah bumi masih layak dihuni?

Opsi baru terus dimunculkan, termasuk upaya menghijaukan kembali bumi dengan segala jenis upaya untuk mengembalikan kestabilan iklim, atau tawaran paling ekstrem, manusia pindah ke planet lain.

Masalahnya, hingga kini, belum ada satupun planet di luar bumi yang siap untuk dihuni. Belum ditemukan planet dengan sumber daya yang bisa dimanfaatkan manusia.

Terbaru, misi satelit Transit Exoplanet Survey Satellite atau TESS yang dimotori NASA kabarnya menemukan sebuah planet dengan potensi besar dapat dihuni manusia.

Planet yang diberi nama 'TOI 700d' ini berada pada jarak 100 tahun cahaya dari Bumi, yang mengorbit pada sebuah bintang kerdi bernama TOI 700 di konstelasi Dorado.

NASA memperkirakan, ukuran planet ini jauh lebih besar dari bumi, sekitar 20 kali lipat. Jarak antara planet ini dengan mataharinya tergolong mirip dengan bumi, sehingga mendukung kemungkinan adanya ari sebagai kebutuhan utama hidup.

Laporan satelit NASA menyebut, TOI 700d merupakan planet yang terkunci secara tidial, yakni planet yang tidak berotasi, sehingga separuh dari planet ini yang menghadap ke mataharinya. Untuk lama orbit, planet ini butuh waktu 37 hari saja.

Masalahnya, meskipun ditemukan planet dengan potensi siap huni, belum ada teknologi manusia yang bisa mencapai tempat tersebut dengan perkiraan jarak 100 tahun cahaya, sementara, di sisi lain bumi semakin sekarat.

Kemudian, masalah paling penting jika mewacanakan tempat baru siap huni adalah, apakah warga bumi rela pindah ke planet lain?