Sederet Fakta Tramadol, Obat Terlarang yang Diembat Lucinta Luna

Kamis, 13 Februari 2020 – 13:00 WIB

Tramadol

Tramadol

JAKARTA, REQnews - Lucinta Luna ketangkap basah di sebuah apartemen di Jakarta Pusat pada Selasa 11 Februari 2020 tengah mengonsumsi obat-obatan jenis psikotropika bernama Tramadol dan Riklona.

Ia kemudian ditetapkan sebagai tersangka penyalahgunaan narkoba oleh polisi. Kini Lucinta mendekam di rutan Polda Metro Jaya selama 20 hari untuk pengembangan kasus.

Tapi, sebenarnya, apa sih bahayanya mengonsumsi Tramadol, yang diketahui sebagai obat anti-nyeri tersebut? Berikut sedert fakta tentang Tramadol, dikutip dari berbagai sumber.

1. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menggolongkan Tramadol sebagai obat anti-nyeri yang jika dikonsumsi akan menimbulkan halusinasi.

2. Jika dikonsumsi berlebihan, Tramadol akan menimbulkan kecanduan dan ketergantungan, sebagaimana jenis priskotropika dan narkoba lainnya.

3. Parahnya, jika dikonsumsi secara rutin, pelakunya akan mendapat efek buruk seperti kelainan aktivitas mental dan perilaku yang cenderung negatif.

4. Tramadol sebenarnya masih digunakan dalam pelayanan kesehatan, namun penggunaannya terbatas dan harus ada izin khusus, serta diawasi dokter.

5. Ada berbagai jenis Tramadol, di antaranya seperti Tramadol HCL, Tramadol HCL-Acetaminophen dan Tramadol HCL-ER.