Jangan Remehkan 6 Pengingat Ini di Hari Jumat untuk Para Muslim

Jumat, 14 Februari 2020 – 08:00 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Hari Jumat adalah hari yang suci sekaligus hari raya bagi umat Islam. Jumat adalah hari dibukanya pintu keberkahan, rezeki, dan waktu yang tepat untuk berharap doa-doa dapat terkabulkan.

Namun, tak sedikit juga orang-orang yang meremehkan kekuatan hari Jumat. Padahal, sudah begitu banyak hadis, pesan dan nasihat dari Nabi Muhammad SAW hingga para ulama untuk meningkatkan takwa di hari Jumat.

Berikut 10 hal yang bisa jadi pengingat untukmu, agar tak meremehkan betapa spesialnya hari Jumat dalam kepercayaan Islam:

1. Jumat adalah hari raya dalam Islam. Sudah selayaknya hari raya disambut dengan suka cita dan harapan-harapan yang lebih baik.

2. Jangan lupa membaca Surah Al Kahfi. Bisa dilakukan pada siang atau malam hari. Manfaatnya untuk menjaga ketenangan hati.

3. Membaca Yasin. "Barangsiapa membaca surat Yasin dan Al Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya." (HR Abu Daud dari al-Habr).

4. Perbanyak Selawat untuk Rasulullah SAW. "Maka perbanyaklah (selawat) kepadaku pada hari (Jumat) ini, sesungguhnya selawat kalian akan ditampakkan kepadaku" (H.R Abu Daud no.1047 hadis shahih).

5. Bersedekahlah sebanyak-banyaknya dan seikhlas-ikhlasnya. Nabi Muhammad SAW bersabda: "Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan." (Imam al-Syafi'i, al-Umm, juz 1, hal. 239).

6. Salat Jumat.  "Jumat adalah kewajiban bagi setiap Muslim secara jamaah kecuali empat orang. Hamba sahaya yang dimiliki, perempuan, anak kecil dan orang sakit."(HR. Abu Daud).