4 Fakta Sebenarnya Mahasiswi Maluku yang Diduga Mengidap Corona

Jumat, 14 Februari 2020 – 19:00 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Mahasiswi berinisial BN (19) asal Desa Siftana, Tanimbar Selatan, Kabupaten Saumlaki, Maluku saat ini tengah diisolasi karena diduga terinfeksi virus corona atau Covid-19.

"Rumah sakit sudah menetapkan BN sebagai terduga virus corona," ujar Kepala Dinas Kesehatan Saumlaki, Edwin Tomasoa, Kamis 13 Februari 2020.

Kabar ini menimbulkan kekhawatiran banyak pihak bahwa corona telah masuk ke Indonesia. Bagaimana sebenarnya fakta kasus BN ini? Berikut ulasannya.

1. Diduga Terpapar di Malaysia

BN adalah mahasiswi jurusan komunikasi internasional di salah satu kampus di Malaysia. Ia baru tiba di Maluku pada 7 Februari 2020 lalu dan langsung mengalami sesak napas. Diketahui, teman seasrama BN sudah dinyatakan positif corona.

2. Sempat Dikarantina

Menurut sumber terpercaya, BN sempat dikarantina di Malaysia karena rekan seasramanya yang positif corona. Tak hanya BN, teman seasramanya semua juga menjalani karantina untuk pencegahan wabah corona.

3. Gejala Menyerupai Corona

Setelah karantina, BN diizinkan pulang. Setibanya di kampung halaman, BN merasakan keluhan yang mirip corona, seperti batuk, sesak napas, hingga sakit bagian belakang. Ia segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

4. Lendir Diperiksa di Surabaya

Tim kesehatan lalu mengambil spesimen atau usapan lendir dari kerongkongan BN dan dikirim ke Surabaya untuk diperiksa.