Polisi Kasih Lihat Identitas Terduga Penyebar Video Syur Mirip Gisella Anastasia

Sabtu, 15 Februari 2020 – 10:30 WIB

Gisella Anastasia (Foto: Instagram)

Gisella Anastasia (Foto: Instagram)

JAKARTA, REQnews - Kasus video syur yang dituding mirip Gisella Anastasia atau Gisel menunjukkan titik terang. Polisi sudah memperlihatkan identitas pelaku ke mantan istri Gading Marten itu.

"Udah tadi ditunjukin orangnya (terduga pelaku) diliatin," kata Gisel di Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Jumat 14 Februari 2020.

Meski begitu, terduga pelaku tersebut bukanlah yang pertama memunculkan video syur yang mirip dirinya. Kata Gisel, terduga pelaku yang ditunjukkan pihak kepolisian itu merupakan orang yang paling banyak menyebarkan video syur tersebut.

"Tadi sih ada satu, yang kita lihat yang paling banyak nyebarin. Karena kalau yang pertama buat benar-benar sudah enggak bisa keliatan sama sekali, anonymous," kata Gisel.

Hingga saat ini Gisel mengaku sangat penasaran dengan pelaku penyebar pertama video syur yang mirip dirinya.

"Penasaran, tapi emang enggak bisa kan. Jadi yang paling banyak kan linknya paling mengarah ke itu, dibuka, dicari enggak bisa memang, karena sengaja buat untuk menyebarkan berita ngaco," kata Gisel.

"Jadi dia sudah atur semuanya buat menyebar," sambungnya.

Ibunda Gempita ini menegaskan langkah yang ia lakukannya ini untuk memberikan efek jera kepada pelaku penyebar video syur yang mirip dirinya.

"Aku harus kasih efek jera aja untuk orang-orang supaya lain kali bisa ngerti gitu, kalau nyebarin aja itu bisa terkena pasal," katanya.

Sebelumnya, Gisel membuat laporan atas beredarnya video syur diduga mirip dirinya. Laporan tersebut terdaftar dalam nomor laporan LP/6864/X/2019/Dit. Reskrimsus, tanggal 25 Oktober 2019.

Pasal yang disangkakan dalam laporan itu adalah Pasal 27 Ayat 1 Jo Pasal 45 Ayat 1 dan atau Pasal 27 Ayat 3 dan atau Pasal 23 Ayat 3 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 4 Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2008 Tentang Pornografi.