IFBC Banner

Kenalin Nih 5 Kepala Negara Terkejam yang Pernah Ada di Dunia, Siapa Saja?

Kamis, 04 April 2019 – 19:30 WIB

Stalin-Hitler-Mussolini

Stalin-Hitler-Mussolini

JAKARTA, REQnews - Idealnya, seorang kepala negara atau presiden haruslah orang yang baik dan mengerti kebutuhan rakyat, bersikap bijak, namun tetap tegas jika terjadi pelanggaran. Ya, itu idealnya.

Tapi, bagaimana jika ada presiden atau kepala negara yang justru bersikap kejam, bukan pada musuh, melainkan pada rakyatnya sendiri. Pasti ngeri ya? Nah, sepanjang sejarah, kepala yang kejam pada rakyatnya sendiri benar-benar ada kok, memimpin secara bengis dan tangan besi.

Berikut adalah nama-nama kepala negara paling kejam yang pernah hidup di dunia:

1. Adolf Hitler, Jerman

Rasanya tepat kalau menaruh nama Hitler di urutan pertama kepala negara terkejam yang pernah ada. Benar sih, Hitler dikenal sebagai pemimpin yang membawa Jerman menguasai banyak wilayah selama Perang Dunia II.

Tapi, dia juga punya noda merah dengan membantai rakyatnya sendiri, terutama yang beragama Yahudi. Pembantaian warga Yahudi itu dikenal dengan peristiwa Holocaust atau Holokaus, yang mengakibatkan sekitar 16 juta orang Yahudi tewas di kamp-kamp konsentrasi.

2. Mao Zedong, Cina

Kalau ada Presiden Cina terkejam, dia adalah Mao Zedong. Semasa kepemimpinannya, Mao pernah menangkap sekitar 700 ribu kaum intelektual dan mengasingkan mereka dalam kerja paksa di berbagai pedesaan. Selama menjabat, disebutkan ada sekitar 50 juta orang Cina yang tewas sebagai korban kekejaman Mao.

3. Benito Mussolini, Italia

Mussolini yang menjabat sebagai Perdana Menteri Italia akhirnya dipaksa mundur pada tahun 1943 atas desakan rakyat. Ia menjadikan paham Fasisme sebagai kekuatan politik utama di Italia pada 1919. Paham itu melakukan banyak pembantaian massal, terkhusus bagi siapapun yang dianggap sebagai manusia tidak berkualitas.

Ia juga bertanggung jawab atas pembantaian 30 ribu warga Ethiopia. Alasannya menyerang negara miskin itu karena merasa sudah saatnya Fasisme menguasai dunia. Namun, Italia kalah di Perang Dunia II, sekitar 400 ribu tentara dan rakyat tewas sia-sia. Ia pun dipaksa mundur lalu dijebloskan ke penjara.

4. Joseph Stalin, Uni Soviet/Rusia

Stalin si penganut Komunisme sangat membenci agama, atau orang-orang yang beragama. Berkuasa atas Uni Soviet, sekarang Rusia, sejak 1922 hingga 1953, Stalin dikenal telah membunuh total 30 juta warganya sendiri, terutama lawan-lawan politiknya. Ia memberlakukan hukuman penjara hingga hukuman mati dengan cara kejam. 

5. Idi Amin, Uganda

Uganda pernah dipimpin seorang kepala negara berasal dari militer, yakni Jenderal Idi Amin Dada Ome. Selama memerintah negara, ia dikenal sering melakukan pelanggaran HAM, penindasan politik, diskriminasi etnis, hingga pembunuhan pengadilan ekstra. 

Idi Amin selama menjabat dari tahun 1971 hingga 1979, disebutkan sudah membantai sekitar 500 ribu warga Uganda, termasuk beberapa warga asal Inggris yang sudah mendiami negara tersebut.