Udah Nonton Drama 'Crash Landing on You'? 3 Hal Ini Gak Sesuai dengan Keadaan di Korea Utara

Jumat, 20 Maret 2020 – 12:03 WIB

Udah Nonton Drama 'Crash Landing on You'? 3 Hal Ini Gak Sesuai dengan Keadaan di Korea Utara (Foto: Istimewa)

Udah Nonton Drama 'Crash Landing on You'? 3 Hal Ini Gak Sesuai dengan Keadaan di Korea Utara (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Drama ‘Crash Landing On You’ belum lama ini telah tamat. Saking populernya, masih banyak penggemar yang susah move on dari drama yang dibintangi Hyun Bin dan Son Ye Jin ini.

Siapa sangka, ternyata sampai juga ke Korea Utara. Namun, di negara tersebut drama produksi Korea Selatan ini mendapat reaksi negatif yang juga ditujukan untuk para penonton drama ini. Beberapa media propaganda Korea Utara yang bermarkas di Pyongyang menyebut penonton drama ini tidak bermoral.

Meski media propaganda Korea Utara tersebut tidak menyebut judul dramanya, namun ‘Crash Landing On You’ adalah yang paling populer belakangan ini soal Korea Utara dan Korea Selatan. Hal yang sama juga ditujukan untuk film ‘Ashfall’ karena menampilkan konflik dua negara tersebut.

Kang Nara, pembelot Korea Utara yang kini aktif sebagai YouTuber mengungkapkan bahwa ada beberapa penggambaran Korea Utara yang kurang tepat dalam drakor 'Crash Landing On You'.

Saat menjadi bintang tamu di channel YouTube 'The World of Dave', Kang Nara mengungkapkan apa yang menurutnya keliru tentang kondisi Korea Utara sebenarnya.

Penasaran? Cekidot!

1. Tidak Ada Pria Seperti Hyun Bin di Korea Utara

Kang Nara mengatakan hampir tidak ditemukan pria dengan penampilan seperti Kapten Ri Jyeong Heok (Hyun Bin) di Korea Utara. Namun dia tidak menyebutkan seperti apa sebenarnya penampilan pria-pria Korea Utara.

Menurutnya semua drama Korea yang bercerita tentang Korea Utara tidak menggambarkan pria-pria di sana dengan tepat. "Aktor utamanya selalu pria yang seperti Kim Soo Hyun atau Hyun Bin. Penggambaran itu terlalu jauh," kata Kang Nara.

2. Sulit Keluar dari Perbatasan Korea Utara

Kang Nara mengatakan, salah satu kekeliruan besar dari drama 'Crash Landing On You' adalah betapa mudahnya sang karakter utama keluar dari Korea Utara menuju Korea Selatan. Pada salah satu adegan di episode 10, Yoon Se Ri diceritakan akhirnya bisa kembali ke Korea Selatan melewati perbukitan. Padahal kenyataannya tidak semudah itu.

"Salah satu kesalahan dari drama ini adalah betapa mudahnya mereka meloloskan diri dari Korea Utara. Serius, mereka seperti hanya berkedip lalu tiba-tiba sudah ada di Korea Selatan," ujar Kang Nara.

Begitu juga dengan Ri Jyeong Hyeok dan lima rekannya di militer. Mereka digambarkan bisa dengan mudah pergi ke Korea Selatan lalu kembali lagi ke Korea Utara.

"Aku khawatir orang-orang Korea Utara akan melihatnya dan mencoba melarikan diri seperti itu. Semuanya, tidak bisa semudah itu untuk bisa lolos," tegasnya lagi.

Kang Nara menjelaskan bahwa saat dia membelot dari Korea Utara, dirinya harus membayarkan sejumlah uang ke perantara hanya untuk berenang menyeberangi Sungai Yalu. Jumlahnya pun tidak sedikit, bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

"Aku berenang sambil ditembaki dari belakang oleh para tentara. Sedangkan dalam drama, Son Ye Jin dan Hyun Bin terlohat mengobrol dengan santai sambil berjalan dan kemudian, esok harinya dia sudah berada di Korea Selatan," tuturnya.

3. Gaya Busana Yoon Se Ri Terlalu Stylish

Wanita Korea Utara umumnya memakai busana kuno dan ketinggalan zaman. Karena keterbatasan akses internet dan informasi, mereka tidak bisa terlalu mengikuti perkembangan tren fashion. Hal itu tergambarkan dengan baik lewat karakter ibu-ibu Korea Utara di daerah tempat Kapten Ri Jyeong Hyeok tinggal.

"Ketika Son Ye Jin ke Korea Utara, busananya terlalu high-end. Itu membuatku tertawa. Bajunya jelas terlihat mahal dilihat dari sisi manapun. Kamu lihat kan berbagai blog fashion yang membahas bajunya, itu harganya jutaan. Dan itu dipakai di Korea Utara," katanya.

Kang Nara mengatakan bahwa di Korea Utara, orang-orang selalu memakai baju tradisional atau baju murah yang sudah usang bahkan bernoda. Maka dari itu dia mengaku terkejut ketika melihat penampilan Son Ye Jin/Yoon Se Ri yang sangat stylish.