Viral! APD Habis, Dua Perawat RSUD Sulsel Pakai Jas Hujan Plastik Murah

Sabtu, 21 Maret 2020 – 17:05 WIB

Viral! APD Habis, Dua Perawat RSUD Sulsel Pakai Jas Hujan Plastik Murah (Foto: Istimewa)

Viral! APD Habis, Dua Perawat RSUD Sulsel Pakai Jas Hujan Plastik Murah (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Sebuah video yang menampilkan dua petugas medis menggunakan jas hujan plastik viral di media sosial. Menurut keterangan yang ada di video keduanya merupakan petugas medis di RSUD Lanto Dg Pasewang, Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Diketahui penggunaan jas hujan plastik murah ini terpaksa dilakukan karena stik alat pelindung diri di rumah sakit tersebut habis.

Video ini viral usai dibagikan oleh akun Twitter @n**_tary pada Jumat 20 Maret 2020 malam. "Kami hanya bisa gunakan APD seadanya pak @jokowi tolong bantu kami.. Pujian tidak ada gunanya pak," bunyi sebuah keterangan dalam video tersebut.

Dalam cuitan lainnya mengatakan bahwa rumah sakit tersebut sudah berusaha memberikan layanan yang terbaik dengan cara mencari sejumlah APD yang diperlukan. Namun, tidak dapat.

Hingga akhirnya open donasi pun dibuka untuk membantu rumah sakit tersebut. Pagi tadi, dikabarkan bahwa mereka sudah mendapatkan bantuan baju hazmat yang biasa digunakan saat menangani pasien corona.

"Alhamdulillah Kami sudah dapat Bantuan Baju Hazmat dari Dinas Kesehatan Kabupaten, tapi masih butuh APD yg lain. Karena sudah sangat langka," kata akun tersebut.

Unggahan itu pun seketika viral. Hingga kini video yang menampilkan dua petugas medis mengenakan jas hujan plastik berwarna merah itu mendapat beragam komentar dari netizen.

"Km miris dan menangis lihat perjuangan anda rekan medisku sekalian...sy prnh hidup di perbatasan...namun kami tahu pasti lawan kami, shgga km lbh bisa identifikasi mana lawan mana kawan...anda LUAR BIASA, dg kresek anda berjuang...," komentar @DPrad**ta.