Ingin Punya Pacar Polisi? Kenalin Dulu Nih Jenis Seragamnya

Minggu, 29 Maret 2020 – 09:01 WIB

Ingin Punya Pacar Polisi? Kenalin Dulu Nih Seragam-seragamnya (Foto: Istimewa)

Ingin Punya Pacar Polisi? Kenalin Dulu Nih Seragam-seragamnya (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews – Banyak diantara kita yang belum tahu macam-macam seragam polisi di Indonesia. Baju abu-abu dengan celana hitam merupakan satu dari sekian seragam yang polisi kenakan sehari-hari.

Polisi tidak hanya bertugas sebagai pengatur lalu lintas dan menangkap pelaku kejahatan, tetapi mereka juga bertugas memberikan pelayanan serta menciptakan kenyamanan bagi masyarakat.

Sebabnya, polisi di Indonesia mempunyai beberapa unit satuan kerja yang memiliki fungsi dan tugas berbeda-beda, termasuk dalam berpakaian.

Buat kalian yang niat punya pacar polisi, ada baiknya kenali dulu seragam-seragam yang dipakai. Penasaran seragam yang dipakai polisi dalam bertugas? Berikut ulasannya:

1. Seragam Sabhara

Sabhara singkatan dari Samapta Bhayangkara. Seragam ini paling dikenal oleh masyarakat, baju abu-abu dengan celana hitam. Anggota ini bertugas melakukan pelayanan masyarakat. Pelayanan yang mereka berikan seperti pembuatan laporan polisi, pengaturan jalan dan pengamanan kegiatan masyarakat.

2. Seragam Brimob

Warna seragam Brimob dan Sabraha hampir sama, yang membedakan terletak pada bagian baretnya. Pasukan khusus ini mempunyai ciri khas baret berwarna biru, mereka juga dikenal sebagai Korps Baret Biru.

Selain itu, Brimob mempunyai 3 seragam lagi yang wajib digunakan pada situasi tertentu. Seperti seragam Brimob berwarna digunakan untuk melakukan pergerakan pada malam hari dan juga sebagai seragam anti terror.

Kemudian, seragam berwarna loreng digunakan untuk acara besar dan operasi hutan. Terakhir seragam dengan warna kehijauan, biasa dipakai untuk pelatihan khusus di hutan.

3. Seragam Polair

Polair singkatan dari Polisi Perairan sering memakai seragam serba biru. Mulai dari baju, celana, sampai baret. Polisi satu ini tugasnnya memberi pembinaan mengenai fungsi Polair kepada masyarakat pantai maupun perairan.

Polisi dengan seragam serba biru ini juga sering melakukan patroli, sekaligus bertugas sebagai penanganan pertama terhadap tindak pidana, baik pencarian maupun penyelamatan kecelakaan di wilayah perairan.

4. Polisi Pariwisata

Dasi berwarna merah, topi bergaris merah, dan celana berwarna coklat adalah seragam milik Polisi Pariwisata. Mereka memiliki peran penting dalam memberikan pengamanan kepada wisatawan, juga memberi pelayanan dan kenyamanan, baik dalam perjalanan wisata maupun saat berada di lokasi wisata.

5. Polisi Satlantas

Polisi yang satu ini sudah akrab di masyarakat, khususnya saat ada razia kendaraan bermotor di jalan raya. Polisi satuan lalu lintas mempunyai ciri khas kopel putih, tali kur putih, dan memakai topi berwarna putih. Tugasnya meliputi pengaturan lalu lintas, penjagaan, pengawalan, dan patroli.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

FOKUS KIRI GAESSS... Entah apa yang memasukimu... @teddychandra_wl @jogosuroboyo @humaspolrestabessurabaya @rtmcjatim @surabayapolice1.official @satreskrim_polrestabessby @bagops.polrestabessby @srikandihoofdbureau @sabharapolrestabessby @humaspolrestabessby @binmasrestabessby @humaspoldajatim @dividihumaspolri @korlantaspolri @dirlantaspolri @kadivhumas @multimedia.humaspolri @polisisuroboyo @polantasjatim @jogosuroboyo #polrestabessurabaya #humaspolri #sim #tilang #lakalantas #surabaya #suroboyo #wani #colombo #polantas #polantassurabaya #polisisurabaya #polisiindonesia #infolantas #simcorner #satlantaspolrestabessurabaya #satunyaliwanitertibjogosuroboyo #surabayahits #polrestabessurabaya #jogosuroboyo #2407 #suroboyoan #eventsurabaya #urai #elang #speed #satpascolombosurabaya #rtmcjatim #tacs #caktejo

A post shared by SATLANTAS POLRESTABES SURABAYA (@polantas_sby) on

(Anita)

Baca juga: Bikin Ngakak! Polisi Ini Samakan Bantal Anak Kos dengan Ban Truk